Selasa, 24 Des 2019 17:02 WIB

Riding Saat Kondisi Hujan? Ini Tips dari Pebalap

Luthfi Anshori - detikOto
Pemotor melintasi di jalanan saat hujan Foto: Rengga Sancaya
Jakarta - Musim hujan masih terus berlanjut di sebagian besar wilayah Indonesia. Buat pengendara motor, kondisi hujan bisa jadi hambatan tersendiri ketika perjalanan. Maka itu, segala sesuatunya harus dipersiapkan saat bermotor di musim hujan.

Menurut pebalap Indonesia Dimas Ekky Pratama, hal pertama yang harus dilakukan pengendara motor di musim hujan adalah selalu membawa mantel atau jas hujan ke manapun perjalanannya.

Sementara untuk motornya, pengendara harus mempersiapkan bentul kondisi fisiknya. "Paling penting buat pemotor kalau musim hujan, adalah cek ban dan cek pengereman," kata Ekky, kepada detikcom beberapa waktu lalu.



Ban harus selalu dicek kembangan atau alurnya. Sebab jika ban sudah botak atau aus, maka cengkeramannya ke permukaan jalan yang licin pasti akan berkurang. Hasilnya ban akan mudah tergelincir, apalagi jika melewati aspal yang bercampur lumpur atau tanah.

Sementara dari sisi pengereman, tentunya kampas rem dan piringan cakram harus dalam kondisi terbaik. Dan saat akan melakukan pengereman di kondisi jalan basah, ada tekniknya tersendiri.

"Di musim hujan, teknik pengereman motor menjadi penting. Sebab di kondisi jalan basah, pemotor tidak bisa mengerem dengan situasi seperti di jalan kering yang biasanya langsung bejek tuas rem. Cara pengereman harus lebih kalem, sembari tetap menjaga jaga jarak dengan pengendara di depan," lanjut Ekky.

Soal batas kecepatan motor saat musim hujan, Ekky tidak menyebut berapa batas kecepatan maksimal yang disarankan. "Karena kalau kecepatan, tergantung pintar pintarnya pengendara motor sih. Tapi tetap lebih mikir keselamatan saja. Saya juga kalau di jalan, pasti mikir, di rumah ada yang nungguin, juga masih ada balap yang belum mulai. Jadi dengan sendirinya, kita akan berhati-hati saat berkendara motor," pungkas Ayah beranak satu itu.

Simak Video "Banjir di Konawe Utara, Akses Lintas Provinsi Putus"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com