Minggu, 15 Des 2019 16:26 WIB

Jangan Panik, Ini Tips Motoran Saat Papasan dengan Ular Kobra

Ridwan Arifin - detikOto
Ular kobra melintas di jalan Foto: Istimewa
Jakarta - Teror ular kobra menghantui sejumlah masyarakat Indonesia. Tentu saja ini membuat resah karena ular kobra menjadi salah satu spesies ular yang berbisa.

Pada musim hujan merupakan musim ular kobra menetasnya. Mereka pun akan mencari tempat untuk bertelur, dan pemukiman warga yang menjadi sasarannya.


Seperti kejadian yang terjadi di Kabupaten Ciamis, Jabar. Para pengendara yang melintas di Tanjakan Salawe, Kecamatan Cimaragas. Mereka dikagetkan ular kobra berukuran besar melintas di jalan. Pengendara lebih memilih berhenti menunggu ular tersebut melintas, tak ada yang berani mengusik.

Berangkat dari kejadian tersebut ada beberapa tips riding saat berpapasan dengan ular kobra yang dibagikan oleh Praktisi Defensive Driving, Andry Berlianto.


Pertama adalah jangan panik, diam lalu berpikirlah untuk menghindar dari ular tersebut.

"Berhenti saat ada ular melintas dan pantau jalur lintasannya, jika dirasa aman bisa bergerak perlahan karena binatang kerap bereaksi saat menghadapi ancaman, posisikan diri kita bukan sebagai ancaman," kata Andry saat dihubungi detikcom, Minggu (15/12/2019).
Selanjutnya
Halaman
1 2
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com