Kamis, 21 Nov 2019 16:28 WIB

Perhatikan! Ini Cara Merawat Motor di Musim Hujan

Luthfi Anshori - detikOto
Jakarta - Hujan mulai rutin mengguyur sebagian wilayah Jabodetabek. Bagi detikers yang mengandalkan sepeda motor untuk transportasi sehari-hari, jangan lupa merawatnya ya. Sebab sama seperti tubuh manusia, motor yang sering terkena air hujan dan genangan juga bisa 'sakit'.

Ada beberapa tips ringan merawat sepeda motor di musim hujan. Seperti informasi yang disampaikan Technical Service Function (TSF) Wahana Honda, setidaknya ada 7 hal yang perlu dilakukan bikers untuk memastikan tunggangannya agar tetap sehat.



Pertama adalah memanaskan mesin. Dengan cuaca dingin dan lembab, panaskan mesin motor secukupnya sebelum jalan. Kedua, jika terjebak banjir, cek kondisi oli mesin apakah tercampur air.

Ketiga, jika warna oli berubah, maka harus ganti oli baru. Oli yang berubah menjadi milky biasanya sudah tercampur air dan jika terus digunakan bisa merusak jeroan mesin.



Keempat, jangan lupa juga mengecek kondisi filter udara, jika basah keringkan. Filter udara punya peran penting untuk menyaring udara sebelum dihembuskan ke intake manifold melalui throttle body.

Kelima, jika ada air yang tertinggal dalam knalpot, lakukan engkol mesin dengan kontak off. Keenam jangan lupa bersihkan kampas rem setelah menerjang banjir.

Dan terakhir, untuk menghindari karat, minimal siram bodi motor dengan air bersih setelah terkena hujan atau menerjang banjir.

Simak Video "Pengakuan Pemuda yang Bakar Motor karena Ditilang"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com