Jumat, 15 Nov 2019 18:16 WIB

Remote Keyless Motor Kena Air Hujan, Amankah?

Luthfi Anshori - detikOto
Foto: Rengga Sancaya Foto: Rengga Sancaya
Jakarta - Beberapa motor keluaran terbaru seperti Yamaha Aerox, Honda PCX, Honda Vario 150, dan Suzuki GSX-R150 sudah menggunakan sistem keyless untuk menghidupkan mesin motor.

Dengan adanya sistem keyless, proses menghidupkan memang jadi lebih mudah. Sebab pengemudi tinggal mengantungi remote di saku pakaian atau tas, lalu putar kenop ke posisi on dan motor bisa di-starter.



Namun penggunaan sistem keyless ini menjadi pertanyaan, apakah remote yang diletakkan di saku itu aman jika misalnya terkena air hujan. Sebab diketahui, dalam remote tersebut terdapat komponen elektronik untuk menghubungkan remote ke ECU motor.

Dijelaskan Technical Service Division PT Astra Honda Motor (AHM) Endro Sutarno, tak masalah jika remote keyless terkena air hujan atau percikan air.



"Sebenarnya kunci remote (keyless) kalau keujanan atau kena percikan air doang sih nggak masalah. Kecuali kalau direndam di dalam air," kata Endro, di Jakarta, beberapa waktu lalu.

"Jadi sudah diperhitungkan, bahwa nggak akan masuk air ke dalam remote, kecuali memang terendam," lanjut Endro.



Endro menyarankan, jika pengemudi memang ingin membawa remote dalam dalam saku, maka harus dipisahkan dengan emergency key.

"Jadi sewaktu-waktu kena kejadian (apes) remote jatuh di jalan, maka pengemudi bisa menggunakan emergency key untuk kondisi darurat," pungkas Endro.

Simak Video "Jelang DWP, Yaris Gelar Event Anak Muda"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com