Jumat, 15 Nov 2019 16:10 WIB

Lupa Lepas Gembok di Cakram Bisa Bikin Rem ABS Motor Rusak

Luthfi Anshori - detikOto
Foto: Dadan Kuswaraharja Foto: Dadan Kuswaraharja
Jakarta - Tak hanya digunakan di motor berkapasitas mesin besar, sistem ABS (Anti-lock Braking System) kini juga sudah dipakai di motor-motor berkapasitas mesin kecil, dari 125 cc sampai 150 cc.

Nah, jika detikers termasuk salah satu bikers yang memiliki motor dengan sistem rem ABS, harus betul-betul memperhatikan perawatannya ya. Sebab rem ABS termasuk salah satu komponen yang sensitif. Karena kerjanya mengandalkan sensor elektronik.



Menurut Technical Service Division PT Astra Honda Motor (AHM) Endro Sutarno, ada satu kebiasaan yang bisa membuat rem dengan sistem ABS cepat rusak. Kebiasaan itu adalah memasang gembok di cakram.

"Masalah ABS itu bervariasi, tapi biasanya yang rawan itu suka kadang-kadang pasang kunci gembok di disc-nya. Sehingga dia kena sensornya," kata Endro di Jakarta, belum lama ini.



"Jadi ketika komponen yang ada sensornya itu kena dan bengkok, begitu bengkok maka dia akan terganggu sistemnya," jelas Endro.

Komponen sensor pada rem ABS bisa rusak karena gembok di cakram, yang lupa dilepas saat motor dijalankan dari posisi diam.



Selain itu, masalah lain yang bisa terjadi di rem dengan ABS biasanya disebabkan oleh kotoran lumpur. "Terus pas kondisi kotor, sehingga sensornya tidak bisa mensensor posisi (cakram) itu," ujar Endro.

Simak Video "Wajah Baru 'Vespino' dan 'Vespini'"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/lua)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com