Senin, 07 Okt 2019 17:21 WIB

Modal Aman Touring Motor Antar Negara

Rizki Pratama - detikOto
Rider Yamaha Thailand Foto: Rizki Pratama/detikOto Rider Yamaha Thailand Foto: Rizki Pratama/detikOto
Jakarta - Beberapa dari anda yang menggilai sepeda motor pastinya memiliki keinginan untuk menjelajahi negara dengan motor. Selain persiapan fisik materi dan mental ada beberapa hal lain yang patut diketahui agar perjalanan selamat pulang pergi.

Salah satu hal yang penting anda ketahui dalam berkendara di jalan negara orang lain adalah komunikasi. Tentunya anda tak wajib memahami bahasa asing. Setidaknya bahasa isyarat rider yang digunakan secara universal akan sangat membantu meminimalisir hal buruk terjadi.



"Dari Vietnam ke sini kami menggunakan tanda internasional untuk berkendara seperti tanda berhenti tanda melambat atau berbelok. Sinyal ini dipahami dengan mudah dan bisa diterapkan di berbagai negara karena mudah dimengerti dan dipahami," ujar salah seorang salah seorang rider Blue Core 5 Year Celebration, Nguyen Phuc Viet saat ditemui di Yamaha Flagship Shop, Cempaka Putih, Jakarta Pusat, Senin (7/10/2019).

Rider Vietnam YamahaRider Vietnam Yamaha Foto: Rizki Pratama/detikOto


Selain komunikasi menggunakan bahasa isyarat itu, teknologi komunikasi nirkabel menggunakan bluetooth juga cukup penting digunakan dalam turing. Menurut Nguyen, alat ini lebih cepat dan efektif bertukar informasi antara rombongan turing.

"Kami juga menggunakan perangkat bluetooth yang menghubungkan komunikasi antara rider sehingga bisa secara cepat dan bebas menyampaikan informasi selama perjalanan jadi pemimpin akan menyampaikan informasi dengan mudah pada peserta lainnya," terangnya.



Di luar masalah komunikasi, tantangan yang bisa dibilang susah-susah gampang adalah sisi berkendara. Di Indonesia biasanya berkendara di sebelah kiri akan merasa aneh ketika harus berkendara di negara lain yang mewajibkan berjalan di sebelah kanan. Pengalaman ini setidaknya dirasakan oleh Nguyen di mana negara asalnya Vietnam berkendara di sebelah kanan.

"Thailand, Malaysia dan Indonesia berkendara di kiri bukan di kanan. Di Vietnam kami berkendara di sisi kanan dan kami butuh waktu untuk membiasakan hal itu," ungkapnya.

Simak Video "Penyegaran Desain dan Fitur Anyar Yamaha MT-25"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com