Selasa, 17 Sep 2019 18:23 WIB

Beda Jenis Motor, Beda Juga Cara Beloknya, Mau Tahu Seperti Apa?

Rizki Pratama - detikOto
Foto: Rizki Pratama Foto: Rizki Pratama
Jakarta - Pada umumnya ada tiga jenis medan yang ditujukan untuk motor tertentu seperti perkotaan, offroad, dan lintasan balap. Perbedaan medan ini juga menghasilkan gaya berkendara yang berbeda terlebih pada saat melakukan manuver untuk melubah haluan.

Untuk pengendara motor di jalanan kota postur tubuh dianjurkan sejajar berbanding lurus dengan kemiringan kendaraan. Postur tubuh seperti ini akan memberikan pengendalian motor bermanuver di dalam perkotaan.

"Kalau di jalan raya postur badan lean with the bike itu lurus dengan sepeda motor," kata Head of Safety Riding Wahana Honda, Agus Sani.

Foto: Rizki Pratama


Sementara itu untuk yang suka memacu adrenalin di lintasan ada lagi teknik berbeloknya. Seperti yang sering tampak dilakukan oleh para pembalap MotoGP, postur tubuh mereka cenderung lebih miring daripada kemiringan motor. Postur ini disebut dengan lean in the bike.

Berbagai Postur Tubuh Saat Berbelok Menggunakan MotorFoto: Marco Bertorello / AFP


"Kalau MotoGP dia lean in the bike jadi badan lebih rendah dari sepeda motor," lanjut Agus.

Terakhir untuk anda yang suka menerabas dan bertualang di hutan offroad cara berbeloknya pun berbeda lagi. Saat dalam tikungan alih-alih mengikuti gravitasi kemiringan motor, pengendara baiknya menempatkan postur tubuh melawan kemiringan motor.

"Motocross lean out the bike motor ke dalam badannya ke luar," tambah Agus.

Berbagai Postur Tubuh Saat Berbelok Menggunakan MotorFoto: RedBull


Ia menegaskan ketiga cara berbelok ini berbeda satu sama lain dan tidak bisa diterapkan di tempat yang tidak tepat. "Ini beda nggak bisa disamain," tutupnya.

Simak Video "Ragam Wahana Wisata Bandung"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com