Selasa, 17 Sep 2019 17:12 WIB

Lagi Naik Moge, Ingat Kalau Ngerem Bantu Pakai Engine Brake

Rizki Pratama - detikOto
Foto: Dok. Wahana Makmur Sejati Foto: Dok. Wahana Makmur Sejati
Tangerang - Ada saatnya memang pengendara motor memacu kecepatannya dalam kecepatan tinggi. Tentunya saat melakukan ini pengendara motor harus sudah tahu bagaimana mengurangi kecepatan motornya ketika menemui hambatan supaya tidak terjadi tabrakan.

Dalam kondisi tertentu rem saja tak cukup memperlambat kendaraan hingga berada pada jarak aman. Salah satu pendukung yang penurunan kecepatan ini adalah dengan menutup habis tarikan gas dari tangan sehingga terjadi engine break.

"Kalau throttle gas tutup otomatis mesin jadi membantu pengereman jadi ada engine break," kata Head of Safety Riding Wahana Honda, Agus Sani.


Namun pada kenyataannya masih banyak pengendara sepeda motor yang terbiasa menahan tarikan gas di saat menggunakan rem. Hal ini tentunya tidak memberikan deselerasi yang baik pada laju sepeda motor.

Hasilnya justru dapat menyebabkan hilangnya keseimbangan kendaraan. Ia juga menyoroti kebiasaan meletakkan jari di tuas rem depan itu membahayakan ketiga terjadi refleks mengejutkan sehingga saat tak perlu mengerem jari menarik tuasnya.

"Kadang ketika orang itu di jalan lihat objek bahaya jari refleks narik rem depan padahal belum mau ngerem. Bahaya lagi jalur lagi licin rem depan ditarik maka ban depan akan tergelincir terus jatuh," tambahnya.



Salah satu cara mengerem yang baik adalah menggunakan empat jari sekaligus. Penggunaan empat jari secara natural akan menyebabkan telapak tangan mendorong ke depan sehingga tanpa disadari deselerasi mesin terjadi.

"Rem depan diusahakan dilakukan dengan empat jari. Kenapa dengan empat jari? Ketika narik rem depan dengan empat jari otomatis telapak tangan dorong ke depan sehingga menutup throtle gas," paparnya.


Simak Video "All New Honda Jazz Melantai di Ajang Tokyo Motor Show 2019"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com