Selasa, 13 Agu 2019 20:01 WIB

Cara Mengatasi Bunyi 'Brebet' pada Motor

Luthfi Anshori - detikOto
Foto: Rexco Foto: Rexco
Jakarta - Brebet menjadi penyakit mahfum pada motor yang masih mengandalkan sistem pengabut karburator. Suara tersebut biasanya disebabkan karburator yang tidak berfungsi dengan baik. Akibatnya motor jadi kurang bertenaga dan bisa mogok.

Lalu gimana cara mengatasinya? Tipsnya ternyata bisa dilakukan sendiri lho detikers. Tidak harus pergi ke bengkel mengandalkan tenaga mekanik.

"Kalau kita ingin mengerjakannya sendiri, cukup menggunakan cairan pembersih karburator dan injektor," ujar Marketing Manager Rexco Indonesia, Tomy Tambrani dalam keterangan resmi yang diterima detikcom, Selasa (13/8/2019).



Untuk pilihannya saat ini sudah banyak dijual di pasaran, pembersih karburator dan injektor dengan harga terjangkau. Cara kerja cairan ini adalah membersihkan saluran masuk, klep, ruang bakar dan saluran buang. Kalau cairannya bagus akan dapat pula membersihkan kerak di dalamnya.

"Keuntungan membersihkan karburator pakai cairan khusus, kotoran dan kerak yang membandel di karburator dan throttle body langsung luntur. Tarikan motor jadi enak lagi dan pastinya sangat menguntungkan, karena tidak perlu banyak menyemprotkan cairan, sehingga lebih irit pemakaian," kata pemilik bengkel Zona Speed, Aryanto.

Biasanya pembersih karburator dan injektor sepeda motor ini dapat membersihkan kotoran, karbon, varnish dan gum sehingga tarikan motor dapat lancar dan konstan kembali.

"Tidak disarankan membersihkan karburator dengan menggunakan bensin atau solar. Karena bisa menyebabkan karet di dalamnya menjadi getas dan mudah untuk sobek," pungkas Tomy.



Simak Video "Bijak Mengendarai Skuter Listrik"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com