Senin, 01 Jul 2019 14:44 WIB

Berkendara Lewat Jalur Rawan Hewan Liar, Lakukan Hal Ini

Luthfi Anshori - detikOto
Foto: Astra Honda Motor Foto: Astra Honda Motor
Jakarta - Banyak bahaya yang mengintai saat berkendara di jalan raya. Selain dari kelalaian sendiri atau pengguna jalan lain, bahaya lain juga bisa hadir dari serangan hewan liar saat berkendara di tengah hutan.

Kejadian pengendara motor dikejar seekor harimau di Kerala, India, beberapa waktu lalu, jadi contoh nyata bagaimana hewan liar dan buas mesti diwaspadai saat berkendara di jalan yang sepi dan masih banyak pepohonan.



Dijelaskan instruktur RDL Andry Berlianto, ada beberapa hal yang harus disiapkan ketika Anda ingin berkendara motor atau mobil, melewati jalan yang membelah hutan.

Lagi Asyik Riding, Pengendara Motor Ini Dikejar Harimau. Lagi Asyik Riding, Pengendara Motor Ini Dikejar Harimau. Foto: Istimewa


"Jadi pertama, rencanakan perjalanan pada siang hari. Itu lebih baik daripada perjalanan malam," kata Andry kepada detikcom, Senin (1/7/2019).

Selain itu, pengendara juga harus sadar terhadap rambu-rambu peringatan yang ada, termasuk adanya potensi hewan liar ketika melewati jalan yang jauh dari keramaian.



"Dan usahakan kendaraan berjalan pada kecepatan stabil, agar bisa langsung naik ke kecepatan tinggi jika ada hal-hal yang tidak diinginkan. Dan usahakan ikuti kendaraan lain agar ada yang menemani perjalanan di jalur rawan," jelasnya.

"Perlu diketahui juga, hewan cenderung mempertahankan diri jika mencium bahaya, jadi jangan memancing bahaya, seperti berhenti di jalur rawan dan jangan lupa gunakanlah selalu riding gear lengkap di manapun kita berkendara," pungkasnya.


Berkendara Lewat Jalur Rawan Hewan Liar, Lakukan Hal Ini
(lua/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed