Minggu, 30 Jun 2019 19:15 WIB

Riding Sambil Ngevlog, Intip Tipsnya Biar Aman

Alfi Kholisdinuka - detikOto
Foto: Alfi Kholisdinuka/detikcom Foto: Alfi Kholisdinuka/detikcom
Jakarta - Keselamatan berkendara menjadi faktor utama yang harus diperhatikan. Terlebih bagi milenial yang senang melakukan perjalanan jauh untuk menikmati keindahan jalanan sambil melakukan vlog, pastinya perlu persiapan yang baik agar terhindar dari kecelakaan.

Untuk itu agar tetap aman dan nyaman saat berkendara pastikan berbagai persiapan harus diperhatikan sebelum berkendara, berikut tips riding aman sambil vlog dari Moto Vlogger Indonesia Harald Arkan.

Menurut Harald, Ada dua faktor penting yang harus diperhatikan. Pertama dari sisi pengendara dan kedua dari kondisi motornya.


"Untuk sisi pengendara, harus lebih memperhatikan kondisi fisik pastikan kondisinya sedang fit. Kemudian siapkan juga perlengkapan sebelum membawa motor seperti helm, sarung tangan, jaket yang memadai, dan memakai celana panjang serta sepatu yang menutup mata kaki," ujarnya di Intro Jazz Bistro Cafe BSD, Minggu (30/6/2019).

Untuk faktor motor, kata Harald, pastikan selalu mengecek kondisi rem dengan baik dan tidak lupa ia juga mengingatkan agar memasang kedua kaca spion, agar bisa memaksimalkan dalam berkendara.

"Walaupun sepele tapi itu sangat berguna demi kenyamanan perjalanan kita," imbuhnya.

Selain itu, Harald mengatakan, dalam membuat vlog, pengendara harus menempatkan kamera kecil dengan baik dan juga mempersiapkan peralatan yang memadai agar tidak mengganggu saat sedang berkendara.

"Yang pertama alat kamera kecil kita siapkan, karena kita naik motor jadi kita perlu eksternal mikrofon juga untuk merekam suara kita sendiri, soalnya kan kalau kita merekam dari kameranya langsung itu suaranya akan terdengar kurang enak. Jadi kita memerlukan eksternal mikrofon," katanya

"Diperlukan helm yang terintegrasi dengan kamera untuk menempatkan si kameranya itu, terus untuk alat-alatnya lagi seperti mounting-mountingnya si kameranya ya seperti itulah," ujarnya.


Harald juga berpesan kepada generasi milenial yang ingin memulai membuat moto vlog pastikan mencari konten yang baik dan berbeda agar bisa dinikmati para stakeholder seperti me-review produk otomotif dan juga membahas soal safety riding.

Dalam coaching clinic yang bertajuk d'Motospeak Yamaha Freego turut menghadirkan ragam pembicara seperti Achmad Reza reviewer dari detikOto, dan Instructor Yamaha Riding Academy (YRA).

Acara ini juga dihadiri oleh berbagai komunitas motor seperti Yamaha Lexi Community Tangerang (YLCT), Tangerang Max Owner (TMO) dan juga Indonesia Max Owner (IMO).

Simak Video "Bukan Bulan Biasa, Maknai Ramadhan dengan Berkumpul dan Berbagi"
[Gambas:Video 20detik]
(prf/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed