Senin, 10 Jun 2019 20:52 WIB

Motor Temani Perjalanan Mudik, Segera Lakukan Hal Ini

Ridwan Arifin - detikOto
Foto: Rengga Sancaya Foto: Rengga Sancaya
Jakarta - Musim mudik 2019 usai berlangsung, transportasi ke kampung halaman bagi pengguna sepeda motor menjadi salah satu pilihan. Setelah dipakai menemani perjalanan mudik, buat para bikers jangan lupa untuk melakukan perawatan ya.

Dijelaskan Mekanik Astra Motor Dewi Sartika Cawang, Widodo Tri Lumaksono, ada beberapa komponen motor yang wajib diperiksa usai menempuh perjalan jauh.



"Bagusnya servis berkala, karena sudah dicek semuanya. Ganti oli mesin apalagi kalau matic oli gardannya juga dicek, v-belt," ujar Pria yang akrab disapa Dodo kepada detikcom, Senin (10/06/2019).

Lebih lanjut, Kepala Bengkel Ahass di salah satu wilayah Depok, Sony mengatakan bahwa servis berkala menjadi opsi yang sebaiknya dipilih konsumen sebab mencakup banyak pengecekan.



"Semuanya dicek, dari bagian mesin, kelistrikan, dan rem-rem," ujarnya kepada detikcom melalui pesan singkat.

Lebih lanjut Sonny mengatakan kekencangan dan keausan penggerak seperti rantai motor juga harus diperhatikan setelah motor digunakan untuk mudik. Sedangkan pengguna motor matic bisa memeriksakan V-belt (tali kipas dalam CVT) dan kondisi roller yang ada di dalamnya.

Bicara soal mesin, sistem pembakaran jadi hal tak boleh dilewatkan sebab meski motor terasa nyaman digunakan saat kembali ke Jakarta, tidak ada salahnya jika dilakukan pengecekan guna memeriksa kinerja karburator atau injector motor.

Pun demikian kelistrikan, dengan servis berkala komponen seperti lampu utama, lampu rem dan lampu sein motor akan dicek setelah digunakan pada mudik dan balik ke Jakarta.



Kemudian urusan kondisi rem depan dan belakang tidak bisa dianggap sepele karena komponen keselamatan berkendara itu bekerja maksimal selama motor digunakan di untuk mudik dan kembali ke Ibu kota.

"Oli sudah pasti harus diganti, kampas rem dicek terlebih dahulu," kata Dodo. (riar/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed