Kamis, 06 Jun 2019 15:21 WIB

Ganti Oli Selama Perjalanan Mudik

Ridwan Arifin - detikOto
Foto: shutterstock Foto: shutterstock
Jakarta - Perjalanan jauh seperti mudik lebaran membutuhkan performa mesin yang prima. Oleh karena itu perawatan kendaraan sebelum mudik perlu dilakukan, salah satunya mengganti oli mesin.

Kendati demikian, Vice President Director PT Federal Karyatama (FKT), produsen pelumas dengan merek Federal Oil dan Federal Mobil, Adrian Baskoro, mengatakan bahwa sebenarnya kewajiban mengganti oli tak harus dilakukan sebelum mudik.



Ia menyoroti bahwa penggantian oli mengacu pada kilometer (jarak tempuh) atau waktu pemakaian.

"Tergantung dia pergantian olinya terakhir kapan. Kalau misalnya di pas mau baru jalan 100 km, padahal jatah gantinya 5.000 km, ya tidak usah ganti, ini patokan jarak," ungkap Adrian belum lama ini.

Namun pengendara harus cek level dan kondisi oli mesin. Jika sudah waktunya ganti sebaiknya segera ganti oli sebelum memulai perjalanan.



Sebab bila ditunda, paling tidak akan ada empat kemungkinan yang akan terjadi. Pertama tentu kerusakan berbagai komponen yang berkaitan. Jadi, biaya servis akan meningkat.

Lalu, oli yang sudah menurun kualitasnya akan membuat performa kendaraan menurun, di antaranya penurunan tenaga dan tarikannya yang mulai kendor. Selain itu, bahan bakar juga jadi lebih boros.

"Iya pasti-lah lebih boros, olinya sudah tidak fresh tarikan mesinnya (pengaruh)," ungkap Adrian. (riar/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed