Selasa, 04 Jun 2019 09:44 WIB

Cara Aman Mudik buat Scooterist

Luthfi Anshori - detikOto
Foto: Aji Kusuma Foto: Aji Kusuma
Jakarta - Hari Raya Idul Fitri 1440 H selalu menjadi momen terbaik untuk menyambung tali silaturrahim. Maka tidak heran banyak orang Indonesia yang berbondong-bondong pulang ke kampung halaman atau mudik melakukan perjalanan jauh, demi bertemu dengan sanak saudara.

Jika detikers termasuk salah satu orang yang akan melakukan perjalanan jauh memakai kendaraan roda dua, khususnya Vespa, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk keselamatan dan kenyamanan. Seperti rilis yang diterima detikcom, setidaknya ada 6 tips mudik yang perlu dilakukan oleh para scooterist sekalian. Apa saja?



Pertama, perhatikan kondisi skuter secara menyeluruh. Pastikan kondisi skuter Anda dalam keadaan prima dan optimal sebelum digunakan untuk mudik atau untuk perjalanan jarak jauh. Yang perlu dicek, antara lain mesin, oli, tekanan angin ban, lampu LED depan dan belakang, spion, serta kanvas rem depan dan belakang.

Kedua, pakailah perlengkapan berkendara yang nyaman, aman, namun harus tetap gaya. Scooterist wajib pakai helm full face dan jaket yang punya protector dan ventilasi yang cukup untuk keamanan dan kenyamanan. Lalu gunakanlah juga sarung tangan untuk melindungi tangan dari sengatan sinar matahari atau terpaan angin.

Selain itu sebaiknya pakai sepatu tertutup untuk melindungi kaki. Dan pastikan juga untuk menggunakan kaus kaki yang cukup tebal namun nyaman. Tidak lupa untuk gunakan outfit favorit Anda, agar perjalanan mudik tetap penuh gaya.



Hal keempat yang perlu diperhatikan adalah berkendara dalam kecepatan standar atau tidak ugal-ugalan. Sebaiknya hindari memacu skuter terlalu kencang, terutama saat melewati kondisi jalan yang rusak, banyak tikungan atau yang rawan kecelakaan. Dan jangan lupa untuk selalu memperhatikan dan mematuhi rambu lalu lintas di sepanjang perjalanan mudik.

Kelima, persiapkan jalur alternatif. Disarankan pengendara sudah menyiapkan jalur alternatif serta tidak membawa barang berlebih, agar keseimbangan kendaraan dapat tetap terjaga dengan baik.

Terakhir, istirahatlah yang cukup. Jika badan sudah terasa lelah atau mengantuk, sebaiknya berhenti di rest area untuk beristirahat. Sembari istirahat lakukan pengecekan terhadap beberapa bagian penting yang ada di skuter favoritmu.

Program Mudik PT Piaggio Indonesia

PT Piaggio Indonesia memahami bahwa mudik dengan menggunakan kendaraan roda dua kerap kali dilakukan oleh masyarakat, namun sebelum melakukan perjalanan mudik jarak jauh seperti ke luar kota yang membutuhkan kesiapan dari skuter dan ketahanan fisik yang baik dari kendaraan skuter dan juga pengendara.

Guna membuat Lebaran pemudik lebih aman bersama Piaggio dan Vespa, PT Piaggio Indonesia memberikan kemudahan bagi pemudik dengan menyediakan penawaran menarik menjelang hari raya melalui program Lebaran Aman bersama Piaggio Vespa dengan memberikan promo khusus untuk setiap pembelian genuine spareparts di diler resmi Piaggio Vespa dengan syarat dan ketentuan berlaku. Penawaran khusus tersebut berlaku hingga 30 Juni 2019.

Selain itu PT Piaggio Indonesia juga memperpanjang periode Piaggio Vespa Ramadan Promo 2019 hingga 10 Juni 2019. Melalui program tersebut PT Piaggio Indonesia bersama-sama dengan diler resmi di seluruh Indonesia melalui program Promo Spesial Ramadan memberikan penawaran menarik untuk setiap pembelian unit Piaggio dan Vespa. Dari setiap pembelian unit baru, akan langsung mendapatkan Vespa Genuine Helmet dan Ramadan voucher hingga 5 juta rupiah untuk pembelian Piaggio dan 8 juta rupiah untuk setiap pembelian unit Vespa.

(lua/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com