Minggu, 14 Apr 2019 15:39 WIB

Jangan Sekali-kali Lumuri Rantai Pakai Oli Bekas

Luthfi Anshori - detikOto
Foto: detikOto Foto: detikOto
Jakarta - Rantai pada motor punya fungsi meneruskan tenaga dari poros engkol ke roda belakang. Seiring pemakaian, rantai motor pasti bakal kering dan kendur.

Maka itu, melumasi rantai dengan chain lube jadi ritual khusus yang harus rutin dilakukan supaya rantai motor terawat dan bisa dipakai dalam jangka panjang.

Selain pakai chain lube, kadang ada yang memanfaatkan oli bekas untuk melumasi rantai. Tapi ternyata cara tersebut salah lho, detikers. Dan punya efek negatif.



"Pakai oli bekas di motor bisa bahaya. Karena gram-gram bekas dalaman mesin yang menempel di oli bisa ikut merusak rantai," terang mekanik Duta Motor Sport Bekasi, Ryan Fasha, kepada detikcom, Minggu (14/4/2019).

Selain bisa merusak rantai karena banyak gram yang menempel, rantai motor yang dilumuri oleh oli bekas juga bisa terlihat kurang menarik. Soalnya, kotoran seperti debu bakal lebih mudah menempel di rantai yang dilumuri oli bekas.



"Oli juga bikin menyiprat, nggak bagus buat pelumasan rantai," lanjutnya.

Nah, biar rantai motor detikers awet, baiknya jika rantai motor sudah dirasa kotor atau menghitam, bersihkan rantai pakai degreaser atau bisa disikat pakai sabun colek dan sedikit air.

"Jangan lupa disemprot cairan chain lube lagi setelah itu," pungkas Ryan. (lua/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed