Sabtu, 06 Apr 2019 12:59 WIB

Merawat Jok Kulit Berbahan Sintetis Hindari Cairan Ini

Ridwan Arifin - detikOto
Ilustrasi Jok Kulit Sintesis Foto: detikOto Ilustrasi Jok Kulit Sintesis Foto: detikOto
Balikpapan - Berbagai pengguna kendaraan bermotor tak jarang mengganti kulit jok untuk menambah aksen cantik penampilan. Jok kulit sintesis terkadang menjadi pilihan, karena harganya murah dan nyaris tanpa perawatan khusus.

Seperti yang diungkapkan Brand Manager MBTech Dana Iswanto di Balikpapan, Kalimantan Timur yang paling penting adalah memilih sabun yang tepat.



"Paling hanya dibersihkan seperti biasa, tidak menggunakan cairan yang macam-macam, contohnya mengandung thiner ya pasti lewat. Cukup air dan shampo biasa tidak mengandung pH tinggi. Kalau mau lebih detail lagi ambil dari shampoo baby," ujar Brand Manager MBTech Dana Iswanto, di Balikpapan, Kalimantan Timur, Sabtu (6/04/2019).

Memang, selain merawat sendiri bisa juga menggunakan jasa salon mobil. Dana mengatakan bahwa hal tersebut juga tak masalah bagi para pengguna jok berbahan kulit sintetis, sebab yang terpenting tidak menggunakan bahan yang mengandung konsentrat tinggi.

"Salah perawatan juga bisa cepat merusak jok berbahan sintetis, seperti misalnya menggunakan bahan yang mengandung konsentrat tinggi bisa mengangkat lapisan seperti coating, sehingga terkikis dan akan membuat rusak," tandas Dana.



Dengan perawatan seperti itu, bisa menambah daya tahan kulit lebih lama. Dalam kata lain tidak butuh biaya mahal untuk membersihkan secara intensif.

Pun demikian ketika dibersihkan dengan sabun bayi, juga menjaga tampilan kulit tetap doff, tidak glossy atau mengilap. Karena pada dasarnyanya, menurut Dana, kemewahan material kulit datang dari warna doff. (riar/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed