ADVERTISEMENT
Kamis, 04 Apr 2019 07:16 WIB

Cewek Boncengers Jangan Duduk Menyamping

Rizki Pratama - detikOto
Foto: Rangga Rahadiansyah Foto: Rangga Rahadiansyah
Jakarta - Keselamatan berkendara tidak hanya perlu dipikirkan oleh pengemudi. Pada motor pembonceng pun harus memperhatikan aspek keselamatan berkendara supaya selamat dan mengurangi risiko kecelakaan lalu lintas.

Untuk pembonceng perempuan, cara berboncengan yang menyamping dapat memicu kecelakaan. Dalam sekolah atau kursus safety riding, tidak ada teknik atau posisi duduk seperti yang sudah sering dilakukan oleh kaum hawa ini.



"Perilaku yang rentan dengan kecelakaan adalah cara duduk. Umumnya dilakukan oleh perempuan yang duduk menyamping atau lateral. Ini tidak dikenal sebagai teknik atau metode pembonceng dalam safety riding," ujar Instruktur dan Founder Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) Jusri Pulubuhu, saat dihubungi detikcom, Rabu (3/4/2019).

Lebih lanjut, Jusri menjelaskan posisi duduk menyamping ini mengganggu keseimbangan kendaraan saat melaju. Tentunya masalah keseimbangan ini akan berujung pada kesulitan pengemudi mengendalikan kendaraan hingga jatuh.



"Posisi duduk seperti itu tidak direkomendasikan karena naik motor sendiri sudah rentan dengan keseimbangan. Ketika pengemudi membonceng objek labil, seperti barang atau orang yang tidak benar duduknya akan rentan hilangnya keseimbangan. Duduk menyamping pembonceng bisa jatuh," papar Jusri.

Posisi duduk yang ideal dan aman bagi pembonceng adalah menghadap ke depan seperti pengemudi sehingga menghasilkan keseimbangan yang terkendali. Selain itu pembonceng juga lebih waspada terhadap situasi buruk yang tidak terkendali oleh pengemudi.


Simak Juga "Bonceng Istri Tanpa Helm, 'Bakamsi' Menolak Ditilang":

[Gambas:Video 20detik]

(rip/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com