Minggu, 31 Mar 2019 14:06 WIB

5 Tips Berkendara Motor Saat Hujan

Luthfi Anshori - detikOto
Foto: Astra Motor Foto: Astra Motor
Jakarta - Hujan adalah musuh utama bagi para pengendara motor. Sebab tidak hanya membuat komponen motor gampang kena karat, musim hujan juga membuat pemotor harus lebih hati-hati saat melintasi kondisi jalan yang basah.

Buat para detikers yang juga sedang mengalami musim hujan di wilayahnya, ada baiknya perhatikan 5 tips berkendara motor saat musim hujan. Lima hal ini penting untuk diaplikasikan agar perjalanan memakai motor tetap safety.

Seperti dilansir dari cycleworld.com, hal pertama yang harus dilakukan pengendara motor saat musim hujan adalah membawa perlengkapan yang sesuai. Seperti jas hujan, sarung tangan, dan sepatu boots yang kedap air.



Bila perlu, bawa juga pakaian salin (pengganti) untuk berjaga-jaga kalau saja hujan yang turun terlalu deras dan air tembus hingga bagian dalam mantel, dan membuat pakaian menjadi basah.

Langkah kedua, kendarakanlah motor secara perlahan. Penyesuaian throttle atau putaran gas harus dilakukan dengan lancar dan sedikit demi sedikit. Dan gunakan pengereman lebih awal, sehingga tidak terjadi potensi hard braking yang bisa bikin roda mengunci.

Hal ketiga yang harus diperhatikan adalah waspadai persimpangan jalan. Misalnya saat di perempatan traffic light, pasti ada mobil yang berhenti. Sebaiknya pemotor mengurangi kecepatan saat mendekati persimpangan jalan.



Selain persimpangan jalan, hal keempat yang juga wajib diperhatikan adalah potensi lubang got yang tersamar genangan air dan penutup lubang got yang biasanya licin karena terbuat dari bahan besi.

Terakhir, usahakan temukan jalur yang kering. Sebab jika jalan dengan genangan air diterabas dalam kecepatan cukup tinggi, maka potensi aquaplanning sangat mungkin terjadi. Selain itu, selalu melewati jalan yang kering dari genangan air, potensi air untuk menyiprat ke pengguna jalan lain akan bisa sedikit diminimalisasi. (lua/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed