Minggu, 31 Mar 2019 11:47 WIB

Cara Ampuh Basmi Kotoran dari Blok Mesin Motor

Luthfi Anshori - detikOto
Cuci motor. Foto: Indra Komara/detikcom Cuci motor. Foto: Indra Komara/detikcom
Jakarta - Bagian bawah motor seperti di area mesin cenderung gampang kotor. Khususnya pada motor bebek atau motor sport, bagian mesinnya pasti lebih gampang kotor dibanding motor matik. Sebab, area mesin terkespos tanpa penutup apa pun.

Nah, maka itu bagi detikers jangan malas-malas mencuci area mesin motor ya. Caranya tergolong mudah, seperti dilansir dari wahanahonda.com, ada lima cara ampuh membersihkan kotoran membandel yang menempel di blok mesin motor.

Seperti apa langkah-langkahnya?

Pertama, adalah menyiapkan alat-alat mencuci. Seperti sikat, sikat gigi, busa, lap kanebo (plais chamois), lap microfiber, baskom atau ember kecil untuk wadah.



Kemudian langkah kedua yang harus dilakukan adalah mencuci motor dengan shampo motor. Gunakan shampo motor khusus yang umum dijual di pasaran. Dan ingat, jangan sekali-kali pakai sabun colek atau sabun bubuk untuk mencuci bodi ya, karena bisa menimbulkan waterspot di bodi motor.

Ketiga, menyempurnakan hasil cuci motor pakai sabun cuci piring. Sabun cuci piring ini cukup ampuh dipakai untuk membersihkan komponen-komponen logam di motor. Dan bisa membasmi kotoran-kotoran rembesan oli di area mesin. Biar lebih bersih, gunakan sikat gigi supaya bisa menjangkau sela-sela.



Jika sabun cuci piring dirasa kurang ampuh, detikers bisa menggunakan bensin atau solar. Penggunaan bensin atau solar bisa membantu proses menghilangkan noda membandel pada mesin motor.

Tetap gunakan kuas atau sikat gigi untuk detail di bagian-bagian kecil. Gunakan juga amplas halus jika masih ada kerak membandel di mesin. Gosok secara perlahan, dan jangan sampai amplas malah membuat mesin tergores. Setelah menggunakan bensin dan solar, kembali bilas menggunakan sabun cuci piring, lalu keringkan.

Kelima, adalah memoles mesin dan part logam yang lain supaya mengkilap menggunakan metal polish. Semprotkan merata dan lap menggunakan lap microfiber sehingga permukaan logamnya semakin kinclong. (lua/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com