Rabu, 27 Mar 2019 16:39 WIB

Cara Memilih Sepatu yang Aman untuk Riding

Luthfi Anshori - detikOto
Ilustrasi Foto: Dok. Dainese Ilustrasi Foto: Dok. Dainese
Jakarta - Sepatu merupakan salah satu perlengkapan safety yang wajib dikenakan setiap pengendara sepeda motor. Tapi tidak semua sepatu aman dipakai untuk berkendara motor ya detikers. Ada syarat-syarat yang harus dipenuhi supaya sepatu tersebut aman dipakai untuk riding.

Pertama, sepatu yang dipakai harusnya sepatu model 'boots' yang bentuknya tinggi, sehingga bisa menutupi dan melindungi area mata kaki. Tak hanya itu kualitas bahan juga wajib diperhatikan. Disarankan menggunakan sepatu boots yang terbuat dari kulit yang tebal dan fleksibel.



"Hal ini memungkinkan pengendara motor menggerakkan kaki mereka dengan bebas, serta mendapatkan perlindungan yang layak. Dan kulit tebal yang tidak mudah robek akan melindungi pengguna dari goresan dan memar seandainya mereka terjatuh atau mengenai benda tajam saat berkendara," tulis Timberland, dalam keterangan resminya.

Kedua, sepatu riding yang aman digunakan harus memiliki sol karet yang kuat. Sol karet dengan pinggiran yang dibentuk sempurna, menawarkan cengkeraman yang kuat di atas jalanan yang licin, sehingga membuat pengendara motor tetap aman.



Ketiga, ciri sepatu boots yang baik digunakan adalah ketika badan sepatunya dijahit dengan kuat ke sol, dan tidak hanya dilem. Ini adalah fitur yang sangat penting untuk memastikan sepatu boots tidak robek di bagian sol ketika pemotor secara tidak sengaja terjatuh dari kendaraannya.

"Sol yang dijahit ke sepatu juga bisa menambah daya tahan sepatu dan memungkinkan penggunanya untuk memakai sepatu tersebut selama bertahun-tahun," lanjutnya lagi.

Keempat, pastikan juga sepatu boots yang dipilih detikers tahan dipakai dalam segala kondisi cuaca. Artinya, mau dipakai hujan-hujanan pun sepatu harus dalam kondisi kering, walaupun terbuat dari kulit yang dipoles, nubuck, atau suede untuk melindungi kaki saat hujan atau ketika secara tidak sengaja menginjak genangan air.

"Pada saat yang sama, sepatu boots harus memiliki ventilasi (sirkulasi udara) yang baik sehingga kaki masih bisa 'bernafas' walaupun cuaca dan jalan panas," tambahnya.

Kelima, sepatu boots yang aman digunakan untuk riding pastinya harus memiliki tali yang kuat, meskipun memang ada beberapa sepatu yang pakai mekanisme gesper. Untuk pengendara motor sendiri, tali sepatu menawarkan beberapa keuntungan. Pertama, dapat dilonggarkan atau dikencangkan, terutama ketika pengendara motor mengenakan kaus kaki.

"Selain itu, sepatu boots dapat dengan mudah dibuka dan dilepas dari jika pengendara sepeda motor jatuh dan terluka. Untuk keamanan ekstra, pengendara sepeda motor harus memilih sepatu boots dengan tali sepatu tebal yang terbuat dari bahan yang keras dan tahan lama," pungkasnya. (lua/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed