Jumat, 08 Mar 2019 14:36 WIB

Habis Terjang Banjir Rem Belakang Motor Macet? Ini Sebabnya

Luthfi Anshori - detikOto
Foto: Wisma Putra Foto: Wisma Putra
Jakarta - Air hujan yang bersifat asam merupakan musuh utama bagi setiap komponen motor yang terbuat dari logam. Jika tak urung dibersihkan setelah kena air hujan, komponen logam di motor bakal cepat karatan.

Selain air hujan itu sendiri, hal lain yang perlu diwaspadai adalah kotoran lumpur yang terbawa bersama genangan banjir. Kotoran lumpur yang masuk komponen motor bisa menyebabkan masalah. Misalnya ketika rem belakang motor detikers tiba-tiba macet atau mengunci setelah melewati genangan banjir, sebabnya adalah karena kotoran lumpur yang bercampur air.



"Biasanya karena kotoran, pasir-pasir halus yang masuk ke kampas rem cakram belakang," kata mekanik Duta Motor Sport Bekasi, Ryan Fasha, kepada detikcom, melalui pesan singkat, Jum'at (8/3/2019).

Selain masuk ke area kampas rem belakang, kotoran yang terbawa bersama air hujan saat banjir juga bisa masuk ke area seal master rem belakang. Maklum, seal master rem belakang motor lokasinya memang di bawah kaki, jadi rentan kena kotoran yang menyiprat bersama genangan air.



Jika kotoran sudah masuk ke area seal master rem, biasanya rem akan terasa mengunci. Artinya ketika pedal rem belakang diinjak, dia tidak akan kembali lagi
karena seal tersumbat kotoran. Akibatnya, kampas rem belakang terus menjepit piringan cakram.

"Maka itu, setelah motor melewati banjir atau kena air hujan, rajin-rajinlah semprot area kaki-kaki supaya kotoran lumpur yang mengendap bisa langsung hilang. Untuk mencegah timbulnya karat, semprotkan juga cairan brake cleaner," pungkas Ryan. (lua/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed