Kamis, 07 Mar 2019 16:30 WIB

Sedang Liburan, Jangan Sampai Tunda Ganti Oli Motor

Ruly Kurniawan - detikOto
Foto: Wahana Honda Foto: Wahana Honda
Jakarta - Ada kalanya liburan mengurung diri di rumah, apalagi setelah sebelumnya kegiatan sangat padat. Namun jangan sampai lalai untuk mengganti oli motor kesayangan, ya.

Sebab bila oli motor telat untuk diganti, akan makin panjang urusannya. Mulai dari memperbaiki komponen, konsumsi bahan bakar yang semakin boros, sampai mesin cepat panas.

Melansir laman Suzuki Indonesia, idealnya oli kendaraan roda dua diganti setelah menempuh perjalanan sejauh 1.500 - 4.000 km (rekomendasi aman). Dengan toleransi, hanya 500 - 1.000 km saja. Jika lebih dari itu, sepeda motor wajib untuk segera diganti.


Bila ditunda, paling tidak akan ada empat kemungkinan yang akan terjadi. Pertama tentu kerusakan berbagai komponen yang berkaitan. Jadi, biaya servis akan meningkat.

Lalu, oli yang sudah menurun kalitasnya akan membuat performa sepeda motor menurun, diantaranya penurunan tenaga dan tarikannya yang mulai kendor. Selain itu, bahan bakar juga jadi lebih boros.


Terakhir, mesin motor akan lebih mudah panas dan berisiko mengalami ceket atau kondisi piston yang terjebak dalam cylinder comp. Wah, bahaya nih.

Oleh karena itu, meskipun sedang liburan tidak ada toleransi untuk menunda pergantian oli motor, ya! Jangan lupa juga, beli lah oli di tempat yang sudah terpercaya. (ruk/ruk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed