Selasa, 26 Feb 2019 12:39 WIB

Ingat! Perbesar Ukuran Ban Lebih Baik Daripada Mengecilkan

Rizki Pratama - detikOto
Ilustrasi Ban Motor Foto: Khairul Imam Ghozali Ilustrasi Ban Motor Foto: Khairul Imam Ghozali
Jakarta - Untuk menunjang performa dan penampilan banyak pemilik motor yang mengubah ukuran ban dari anjuran pabrikan. Memperbesar dan memperkecil ukuran ban memiliki pengaruh besar terhadap keamanan hingga performa dari motor.

Pada dasarnya memperbesar ukuran ban jauh lebih baik daripada memperkecil. Hal itu ditegaskan oleh Departemen Training and Sales PT Sumi Rubber Indonesia, Ibnu Baskoro.



"Sebenarnya Berbicara positif dan negatifnya, memperbesar ban lebih besar positifnya tapi kalau mengecilkan ban lebih besar negatifnya," kata Ibnu.

Alasannya semakin besar ban motor maka akan semakin mudah memikul ban motor. Tapi tentunya akan mengurangi performa mesin karena lebih berat memutar ban.

"Karena seiring dengan dimensinya motor dan besarnya mesin pasti seiring dengan ukuran bannya karena ada bobot yang dia pikul, yang kedua dari segi kecepatan karena semakin kecil ukuran bannya maka kemampuannya menyangga beban itu jauh lebih kecil kemampuannya," papar Ibnu.



Dari segi keamanan pun itu juga diragukan terlebih pada motor dengan mesin besar. "Jadi sangat disayangkan ada motor-motor 250cc ke atas menggunakan ban cacing itu sangat tidak safety," ujar Ibnu.

Ibnu menegaskan penggunaan ban cacing sangat tidak dianjurkan atas dasar apapun. "Yang utama adalah safety dulu baru modifikasi. Itu sangat tidak kami anjurkan karena tidak sesuai dengan kapasitas beban dan kecepatannya," tutupnya.


Simak juga video 'Awas Pecah Ban Samping Gara-gara Solar!':

[Gambas:Video 20detik]

(rip/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed