Kamis, 21 Feb 2019 20:40 WIB

Alasan Diameter Ban Depan Offroad Lebih Besar

Rizki Pratama - detikOto
Honda CRF250 Rally Foto: Grandyos Zafna Honda CRF250 Rally Foto: Grandyos Zafna
Jakarta - Jika diperhatikan semua ban motor yang digunakan untuk di jalan offroad baik itu untuk kebutuhan harian atau balapan memiliki ukuran ban depan lebih besar. Perbedaan ukuran ini tentunya berdasarkan pertimbangan dan perhitungan yang sudah tepat untuk penggunaannya.

Tujuan utama dari diameter ban depan yang lebih besar adalah dikarenakan ban depan merupakan ban pertama yang akan menghadapi lintasan. Pada jalanan offroad ini akan sangat penting untuk meredam goncangan sehingga memudahkan handling.



"Jadi filosofi untuk offroad itu ban depan memang lebih besar karena kalau diketahui pada motor ini untuk meredam kejutnya adalah ban depan," ujar Departemen Training Sales PT Sumi Rubber Indonesia, Ibnu Baskoro saat ditemui usai launching ban DGX-01 khusus untuk Grasstrack di Kemayoran, Jakarta Pusat (21/2/2019).

Sedangkan ban belakang yang lebih kecil diaplikasikan untuk mempermudah manuver pada jalanan offroad. "Ban belakang lebih kecil membantu saat membelok," lanjut Ibnu.

Ibnu menegaskan ukuran ban depan yang lebih besar bertujuan untuk mengatasi jalur offroad. "Ukuran ban depan itu untuk melibas gelombang yang besar-besar," katanya.



Selain itu bentuk dan panjangnya ukuran shock depan motor trail memang direkomendasikan untuk menggunakan ban yang lebih besar diameternya. Ukuran shock yang lebih tinggi dan panjang ini akan bersinergi dengan baik jika menggunakan ban berdiameter besar.

"Pada lintasan offroad, dengan travel shock depan yang juga lebih panjang dibandingkan motor onroad, maka membutuhkan diameter lebih besar rodayanya supaya mudah melibasnya," pungkas Ibnu.


Dunlop Launching Ban Baru Khusus Grasstrack


Dalam kesempatan kali ini Dunlop pun coba menawarkan satu produk yang ditunggu-tunggu pencinta motor Offroad, yakni Grasstrack. Grasstrack merupakan salah satu cabang olahraga motor offroad. Meskipun sama-sama berada di tanah kebutuhan ban motor untuk Motocross, Adventure dan Grasstrack sangatlah berbeda.

Jalanan untuk ban Motocross cenderung pada rasio kekerasan tanah dari hard hingga medium, untuk Adventure rangenya dari medium, soft, hingga mud. Sedangkan Grasstrack berada pada jenis tanah hard hingga soft.

Ban Dunlop DGX-01Ban Dunlop DGX-01 Foto: Rizki Pratama/detikOto


"Untuk kompetisi trail motocross biasanya menggunakan engine lebih tinggi dan dilakukan di atas tanah keras dan medium yang terbuka. Untuk bertualang atau adventure lintasannya lebih luas bahkan hingga berlumpur. Sedangkan untuk Grasstrack cenderung berumput dan di tanah yang medium hingga soft," ujar Departemen Training and Sales PT Sumi Rubber Indonesia, Ibnu Baskoro dalam launching ban terbaru Dunlop di Kemayoran, Jakarta Pusat (21/2/2019).

Jenis Grasstrack sendiri yang kini mulai kembali ramai digemari di Indonesia mendorong Dunlop untuk menghadirkan produk baru khusus untuk lintasan tersebut. Ban baru tersebut adalah DGX-01 yang tersedia dalam 7 varian ukuran ban. Mulai dari untuk kendaraan matik, bebek atau underbone, hingga yang berkapasitas mesin besar.

"Kami baru saja meluncurkan produk terbaru untuk ban jenis Grastrack DGX-01. Ban ini tersedia dalam 7 ukuran yang berbeda untuk Matik, underbone, hingga motor trail yang biasa digunakan atau bermesin tinggi," kata Ibnu.

DGX-01 tersedia dalam 7 ukuran baik untuk jenis motor matik, bebek dan sport sbb :

F/R Ukuran Tipe Harga

F 70/100-17 40M WT Rp 331,000

F 70/100-19 42M WT Rp 425,500

F 80/100-21 51M WT Rp 478,500

R 100/100-18 59M WT Rp 387,000

R 100/90-19 57M WT Rp 501,000

R 90/100-16 51M WT Rp 625,500

R 90/100-14 49M WT Rp 558,500

"Desain telapak serta alur DGX-01 diperhitungkan dengan cermat dengan penempatan jumlah blok dari tengah hingga bahu ban yang bertujuan memaksimalkan kemampuan ban pada berbagai jenis permukaan lintasan sekaligus mempertahankan kecepatan saat bermanuver plus mengurangi gejala slide-slip," tukas Hendra Himawan, GM Sales Admin & Planning

Bagi para pembalap Grasstrack dan penggemar adventure di Indonesia, ban DGX-01 sudah bisa diperoleh di 439 toko ban motor Dunlop yang tersebar di seluruh Indonesia. Dan disediakan hadiah langsung 1 (satu) buah T-Shirt DGX-01 yang menarik untuk setiap pembelian 2 pcs ban DGX-01 mulai tgl 15 Februari s/d 30 Juni 2019. (rip/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com