Rabu, 13 Feb 2019 15:18 WIB

Baru Belajar Motor, Mending Langsung Naik Matik atau Manual?

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Foto: Agung Pambudhy Foto: Agung Pambudhy
Jakarta - Otolovers baru belajar mengendarai sepeda motor? Sekarang banyak pilihan motor nih, ada motor jenis skuter matik (skutik) dengan transmisi otomatis, dan masih ada pula motor kopling manual.

Ada yang bilang lebih simpel langsung belajar naik motor matik biar cepat lancar karena kemudahan menggunakannya. Maklum, mengendarai motor skutik tak perlu oper gigi lagi. Tapi, ada pula yang menyarankan belajar motor sebaiknya pakai motor manual.



Dijelaskan di laman resmi Suzuki Indonesia, sebaiknya belajar mengendarai motor menggunakan motor manual. Otolovers bisa belajar naik motor bebek atau motor sport dengan kopling manual.

Kenapa begitu? Ini untuk melatih kebiasaan mengoperasikan gas yang lebih terkontrol. Misalnya saat menggunakan motor kopling, ketika ada jarak antara gas dan kopling, Otolovers pasti bisa langsung merasakan mesin motor bisa mati tiba-tiba. Makanya, perlu ada kontrol antara gas dan kopling yang tepat.



Nggak cuma itu, saat menggunakan motor bertransmisi manual, Anda juga harus bisa membuka dan menutup gas ketika ganti gigi. Dengan begitu, pengendara menjadi terbiasa untuk menutup gas ketika mengerem. Jadi saat mengendarai motor matik, Otolovers sudah bisa membiasakan diri membuka dan menutup gas di saat yang tepat.

"Secara tidak sadar, pengendara bisa belajar kontrol buka-tutup gas. Sehingga saat mereka mengendarai motor matik, sudah mengerti kontrol gasnya seberapa yang aman," tulis Suzuki.

Dengan belajar motor manual terlebih dahulu, Otolovers secara otomatis pasti bisa menggunakan motor matik. Coba bandingkan kalau belajarnya pakai motor matik lebih dahulu, belum tentu bisa mengendarai motor manual dengan aman. (rgr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed