Jumat, 25 Jan 2019 09:54 WIB

Sebelum Ngantor Hujan-hujanan Naik Motor, Perhatikan Ini!

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Foto: Hasan Alhabshy Foto: Hasan Alhabshy
Jakarta - Sedari pagi tadi, hujan terus mengguyur Jakarta. Hujan yang cukup lebat ini membuat pengendara sepeda motor harus lebih waspada. Banyak kecelakaan yang ditimbulkan karena berkendara saat hujan. Apalagi pengendara sepeda motor yang rentan.

Jalanan yang licin setelah diguyur hujan, hingga air yang menggenang kerap membahayakan pemotor. Salah-salah, motor bisa mengalami selip hingga memicu kecelakaan.



Wahana Honda, sebagai diler utama Honda se-Jakarta-Tangerang, melalui laman resminya memberikan tips berkendara aman di tengah hujan. Pertama, periksa semua fungsi motor sebelum berangkat. Pastikan lampu utama dalam keadaan menyala normal.

Lampu sangat berperan penting untuk sepeda motor. Apalagi saat hujan. Lampu bisa membantu melihat jalan ke depan saat jarak pandang terbatas akibat hujan yang deras. Nyalakanlah lampu utama, baik pada siang ataupun malam hari untuk memudahkan pengendara lain melihat kendaraan Anda. Komponen-komponen utama seperti kemudi, gas, rem, atau kopling harus diperhatikan.



Periksa tekanan udara ban. Tekanan udara yang cukup serta alur ban yang baik akan meminimalkan risiko aquaplaning atau tergelincir saat hujan. Kalau sudah botak, ban harus diganti demi keamanan. Periksa kondisi ban kendaraan secara rutin, minimal seminggu sekali.

Hal yang paling penting adalah memakai alas kaki yang tepat. Pakar safety riding tidak menyarankan untuk menggunakan sandal untuk naik motor di tengah hujan. Sebab, sandal tidak bisa melindungi kaki secara sempurna kalau terjadi kecelakaan. Gunakan alas kaki yang tahan air, tidak licin, dan aman untuk berkendara.

Siapkan jas hujan. Namun, pemilihan jas hujan harus benar-benar diperhatikan demi kenyamanan dan keamanan saat berkendara. Hindari memilih jas hujan jenis ponco karena berisiko tersangkut. Sebaiknya pilih jas hujan berbentuk baju dan celana dengan tingkat kenyamanan dan keamanan yang lebih terjamin.



Simak juga video '5 Hal Ini Bantu Tubuh Terhindar dari Sakit Saat Kehujanan':

[Gambas:Video 20detik]


Sebelum Ngantor Hujan-hujanan Naik Motor, Perhatikan Ini!
(rgr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed