Rabu, 23 Jan 2019 17:51 WIB

Tips dari Abang Ojol Agar Tetap Semangat Narik saat Hujan

Tia Reisha - detikOto
Driver Grabbike Moh Hakiki / Foto: Dok Grab Driver Grabbike Moh Hakiki / Foto: Dok Grab
Jakarta - Musim hujan merupakan salah satu alasan yang membuat banyak orang malas beraktivitas, termasuk bagi driver ojek online (ojol). Namun salah seorang mitra pengemudi Grab, Moh Hakiki tidak merasa demikian. Ia justru tetap semangat 'narik' meski hujan melanda.

Kebanyakan mitra pengemudi lain memilih untuk beristirahat saat hujan turun karena berkendara saat hujan juga bisa menimbulkan risiko tersendiri. Namun Hakiki justru punya tips tersendiri untuk mengatasi hal tersebut.


"Pertama yang paling penting itu jas hujan harus bawa 2, kan nggak mungkin kita pakai jas hujan tapi customer nggak pakai. Pelindung HP anti air juga harus ada. Ya paling simple sih tinggal pakai plastik, terus atasnya diikat pakai karet yang erat jadi air nggak masuk," ungkap Hakiki kepada detikcom, Selasa (22/1/2019).

Namun banyaknya mitra pengemudi yang memilih untuk beristirahat saat hujan membuat Hakiki tidak jarang mendapat orderan dengan titik jemput yang terbilang jauh. Bahkan, ia pernah mendapat orderan dengan titik jemput mencapai 3 km.

"Kalau lagi hujan itu banyak driver yang istirahat, jadi kadang sekalinya dapat orderan itu bisa yang jauh, bisa 3 km. Kadang dari sesama driver juga suka sharing, kita bingung suka dapatnya yang jauh jemputnya kalau lagi hujan," ujar Hakiki.


Meski jauh, ia tetap berniat menjemput customer tersebut tapi ada hal yang akan ia lakukan saat baru saja menerima orderan jauh seperti itu. Ia akan menghubungi dahulu customer dan memberi tahu posisinya. Jika customer bersedia menunggu, maka Hakiki akan segera meluncur ke titik penjemputan.

"Kalau customer-nya mau nunggu ya saya jemput, kalau nggak ya nggak apa-apa. Pokoknya saya chat dulu kasih tahu posisi saya," pungkasnya. (ega/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed