Kamis, 10 Jan 2019 09:30 WIB

Cara Aman Berkendara saat Hujan Bagi Bikers Berkacamata

Luthfi Anshori - detikOto
Tips hujan untuk pemotor. Foto: Astra Motor Tips hujan untuk pemotor. Foto: Astra Motor
Jakarta - Berkendara motor di kondisi hujan tentunya membutuhkan konsentrasi lebih. Terutama bagi bikers yang memakai kacamata sebagai alat bantu penglihatan.

"Pada saat situasi hujan bagi pengendara sepeda motor yang berkacamata, pasti terkendala dengan penglihatan," kata Head of Safety Riding Promotion Wahana Honda Agus Sani kepada detikOto, Rabu (9/1/2019).

Ada beberapa tips yang bisa dilakukan bikers berkacamata supaya tetap aman berkendara di bawah guyuran air hujan. "Paling utama tentu harus pakai helm dengan visor untuk melindungi kacamata dari tetesan air hujan," terang Agus.



Namun terkadang masalahnya, visor maupun kacamata gampang mengembun jika berada di kondisi yang lembab.

"Maka itu bisa juga coba cara lain. Kacamata dan visor helm-nya disemprotkan cairan anti-fog agar tidak berembun saat hujan dan perjalanan tetap nyaman," saran Agus.

Lalu usahakan membawa tisu kering, agar ketika kacamata terkena air hujan dapat langsung dilap dan pandangan dapat fokus kembali. Agus menyarankan agar tidak menggunakan masker saat berkendara.



"Usahakan tidak menggunakan masker pada saat berkendara di kondisi hujan, karena udara yang keluar dari hidung dan mengenai kacamata dapat menyebabkan kacamata menjadi berembun," terang Agus.

Di luar hal itu, bikers juga perlu mengenakan perlengkapan berkendara lainnya seperti jas hujan dan mantel sepatu. Khusus untuk jas hujan, usahakan jangan memakai model ponco karena jas hujan jenis tersebut kurang aman digunakan saat riding. (lua/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed