Kamis, 10 Jan 2019 07:19 WIB

Rawat Ketampanan Motor Doff di Musim Hujan, Perhatikan Ini

Ruly Kurniawan - detikOto
Foto: Suzuki Foto: Suzuki
Jakarta - Hujan yang tak menentu kerap membuat pemilik kendaraan malas untuk membersihkan kendaraan. Alasannya, toh nanti hujan lagi. Dalam jangka waktu menengah, hal ini akan berdampak pada kusamnya kendaraan terlebih untuk motor yang berwarna doff.

Sepeda motor berwarna matte atau berjenis doff makin diminati oleh warga Indonesia. Terbukti dari banyaknya pabrikan terkait yang menghadirkan jenis warna tersebut pada menu-nya. Dengan warna tersebut, motor tampak lebih elegan dan sporty.

Namun, motor yang memiliki warna berjenis doff cenderung lebih rawan untuk kusam. Sebab cat motor tidak terlapisi pernis. Jadi dalam hal perawatan, motor berjenis ini perlu diperhatikan.


Melansir laman resmi Suzuki Indonesia, mengurus motor dengan cat jenis doff berbeda dengan yang berjenis glossy. Motor tidak boleh dicuci menggunakan sabun yang mengandung detergen.

Alasannya, karena cat berjenis doff memiliki entitas kepudaran dua kali lebih cepat. Sedangkan deterjen memiliki sifat asam yang berisiko membuat cat pudar lebih cepat. Jadi pakailah sabun khusus cuci motor yang memiliki PH netral.


Selanjutnya, jangan gunakan sembarang poles motor. Dalam memilih bahan poles, dianjurkan untuk memakai yang water based jangan pilih oil based sebagaimana yang umum digunakan motor dengan warna berjenis glossy.

Jangan malas juga untuk membilas motor setelah menerobos hujan lebat. Air hujan yang kering dengan sendirinya di motor akan meninggalkan jamur bahkan karat. Kalau sudah terkena ini, akan cukup sulit untuk membersihkannya. (ruk/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed