Rabu, 09 Jan 2019 11:35 WIB

Naik Motor saat Hujan, Perhatikan 4 Hal Ini

Luthfi Anshori - detikOto
Foto: Indra Komara/detikcom Foto: Indra Komara/detikcom
Jakarta - Berkendara motor pada kondisi hujan tentunya perlu perhatian ekstra mengingat kondisi jalan yang licin dan jarak pandang terbatas. Ada 4 hal yang harus diperhatikan bikers saat riding di kondisi hujan.

Seperti dilansir dari sportrider.com, Rabu (9/1/2019) pertama pakai riding gear yang tepat. Usahakan memakai jas hujan yang mampu menahan terjangan air hujan, bila perlu pakai juga mantel sepatu atau sepatu bot, sebab tidak disarankan menggunakan sandal saat riding.

Bagian lain yang juga cukup penting adalah memasang antifog di visor helm, khususnya pada helm fullface. Helm fullface memang gampang berkabut di musim hujan dibanding helm open face.



Langkah kedua yang perlu dilakukan saat riding di kondisi hujan adalah membawa motor dengan lebih hati-hati. Gas harus diputar secara perlahan, kecepatan pun mesti dibatasi agar ban tetap mendapat traksi ke aspal.

Ketiga, perhatikan lubang selokan yang terendam genangan air. Usahakan tetap berada di jalur yang aman dan jangan terlalu di pinggir jalan agar tidak terperosok ke selokan yang tersamar genangan air.



Selain itu perhatikan juga penutup lubang drainase di jalan yang biasanya akan menjadi lebih licin lagi di kondisi hujan.

Terakhir, temukan jalur jalan yang lebih kering. Untuk menghindari potensi terkena aquaplaning berkendaralah di jalur yang lebih kering agar ban tetap mendapat cengkeraman yang baik ke permukaan jalan. (lua/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
Breaking News
×
Sidang Sengketa Pilpres 2019
Sidang Sengketa Pilpres 2019 Selengkapnya