ADVERTISEMENT
Kamis, 03 Jan 2019 07:57 WIB

Mau Motor Matik Panjang Umur? Intip Nih Rahasianya

Luthfi Anshori - detikOto
Skutik Yamaha FreeGo. Foto: Grandyos Zafna/detikFoto Skutik Yamaha FreeGo. Foto: Grandyos Zafna/detikFoto
Jakarta - Motor matik jadi kendaraan roda dua yang difavoritkan konsumen Indonesia. Jenis motor ini disukai karena gampang dikendarai dan praktis untuk membawa akomodasi.

Bagi Otolovers yang juga menjadikan motor matik sebagai kendaraan harian, sebaiknya perhatikan beberapa hal berikut ini agar motor matik Anda awet dan tidak gampang rusak.


Hal pertama yang harus dilakukan adalah rutin memanaskan motor setiap pagi. Tujuannya agar oli bersirkulasi dengan optimal dalam melumasi komponen mesin. Panaskan motor secara langsam dengan waktu cukup 5 - 10 menit saja.

Selanjutnya adalah perhatikan kondisi bahan bakar. Artinya, pastikan bensin yang dipakai sesuai rekomendasi pabrikan. Jangan pakai bahan bakar beroktan rendah atau terlalu tinggi, karena hal itu bisa menimbulkan timbal atau kotoran di ruang tangki dan bisa bikin mesin motor ngelitik (knocking). Pastikan juga bensin selalu terisi, jangan sampai kosong.

Langkah selanjutnya yang perlu dilakukan adalah rajin-rajin mengecek tegangan battery atau aki. Sebab kerja motor matik, khususnya yang sudah injeksi sangat mengandalkan kelistrikan.

Jadi pastikan tegangan aki tetap stabil dan jangan sampai di bawah 12 Volt. Beruntung beberapa model motor matik saat ini sudah menyediakan fitur indikator tegangan aki di panel instrumen. Jadi lebih mudah dipantau.


Terakhir, yang perlu kamu lakukan supaya motor matik kesayangan tetap terawat adalah dengan rajin melakukan servis secara berkala di bengkel resmi. Dengan melakukan servis di bengkel resmi, maka riwayat kerusakan part motor bisa terpantau. Selain itu, garansi mesin motor maupun kelistrikan juga dipastikan aman. (lua/dry)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com