Tips Tinggalkan Motor di Rumah dalam Waktu Lama saat Liburan

Luthfi Anshori - detikOto
Jumat, 21 Des 2018 21:12 WIB
Ilustrasi parkir motor Foto: Luthfi Anshori
Jakarta - Liburan akhir tahun 2018 akhirnya tiba. Bagi Otolovers yang berencana berpergian keluar kota dan meninggalkan motor kesayangan di rumah dalam waktu lama, harus ketahui cara benar menyimpannya.



Seperti dilansir dari laman www.mpmhondajatim.com, ada lima hal yang perlu dilakukan Otolovers saat ingin meninggalkan motor dalam waktu cukup lama.

Hal pertama yang perlu dilakukan sebelum meninggalkan motor adalah menyucinya sampai bersih. Ini penting dilakukan untuk mencegah timbulnya karat di komponen motor yang bermaterial logam.

Langkah kedua yakni mengosongkan tangki bahan bakar motor. Tangki bensin perlu dikuras dahulu sebelum motor ditinggalkan. Tujuannya untuk mencegah penguapan bahan bakar dan mengurangi potensi kebakaran.

Selanjutnya adalah memberi alas untuk kedua ban. Caranya posisikan motor pakai standar tengah, lalu selipkan kardus atau busa styrofoam di bawah ban. Hal ini untuk mencegah hilangnya tekanan angin dalam ban karena udara yang lembab.



Hal keempat yang perlu dilakukan yakni mengganti oli lama dengan oli baru. Sebab di dalam oli lama biasanya sudah banyak kotoran yang mungkin akan mengendap dan membuat karat. Jadi, usahakan dulu ganti oli baru dan panaskan sepeda motor agar mesin terlumasi sempurna.

Terakhir, jangan lupa cabut kabel aki. Aki yang tidak dicabut bisa membuat aki soak karena terus mengalirkan listrik ke komponen sepeda motor. (lua/lth)