Jumat, 21 Des 2018 15:41 WIB

Awas! Modif Vespa Risiko Terbesar Bisa Ganti ECU

Rizki Pratama - detikOto
Vespa Foto: Dok. Vespa Vespa Foto: Dok. Vespa
Jakarta - Bagi pencinta modifikasi, apapun jenis motor yang dimiliki pasti tak luput dari berbagai penambahan hingga penggantian part tertentu demi mencapai tampilan yang diinginkan. Namun kurangnya pemahaman terhadap motor dapat berakibat dampak yang sangat besar hingga bisa merugikan dompet anda.

Vespa merupakan salah satu jenis motor yang sangat rentan akan kerusakan jika dilakukan perubahan oleh tangan yang tidak profesional. Bongkar pasang komponen di bengkel umum cenderung beresiko fatal dikarenakan kurang pemahaman mekanik terhadap organ vital Vespa.



"Vespa itu tidak sama seperti skuter Jepang kebanyakan, susunan dan teknologinya sangat berbeda dengan kita. Tapi ngga bisa dipungkiri juga mekanik yang biasa megang motor Jepang merasa udah mampu menangani motor Eropa padahal beda banget." ujar Technical Trainer Manager PT Piagio Indonesia, Yudi Riswanto," usai melakukan Iconic Ride Bali-Bromo sekaligus merayakan 50th Anniversary Vespa Primavera (17/12/2018).

Bagian Vespa yang sangat rentan kerusakkan dan sangat merugikan konsumen jika mengalami kerusakan adalah pada komponen kelistrikan atau ECU. Yudi mengatakan seringkali mendapatkan konsumen yang mengalami kerusakkan pada bagian tersebut setelah menambahkan sejumlah aksesoris tanpa mempertimbangkan resikonya.



"Yang banyak kena itu biasanya ECU karena jalur kabel kita kan agak antik, beda dengan motor jepang. Contoh 946 ganti sen kecil variasi gitu di bengkel umum cabut kabel kena dashboard dan blank, harganya kan lumayan tuh dashboard 946," kenang Yudi.



Yudi mengatakan konsumen Vespa di Indonesia memang sangat menyukai penambahan aksesoris pada Vespa. Untuk aksesoris resmi dari Vespa saja, Indonesia menempati urutan kedua setelah Italia atas pembelian aksesoris Vespa. "Indonesia ini penjualan aksesorisnya terbesar ke dua di dunia setelah itali untuk vespa," ungkap Yudi.

Pada kesempatan yang sama, Public Relation and Communication Specialist PT Piaggio Indonesia, Robby Gozal menyarankan untuk tidak melakukan modifikasi atau penambahan aksesoris pada bagian yang terhubung dengan kelistrikan. "Kita menyarankan ganti yang berurusan dengan kelistrikan diusahakan jangan, sayang banget." (rip/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed