Senin, 10 Des 2018 09:50 WIB

Ngebut di Sirkuit Ada Tekniknya, Begini Tipsnya

Ridwan Arifin, Luthfi Anshori - detikOto
Foto: Grandyos Zafna
Bogor - Menggeber motor di sirkuit tidak asal gaspol. Ada teknik yang harus dikuasai rider ketika ingin track day atau balapan di sirkuit.

Hari ini, Astra Honda Motor (AHM) memberikan kesempatan kepada konsumen CBR untuk menggeber RC213V-S. Sebelum menggeber motor MotoGP versi jalan raya itu, peserta dibekali pemahaman bermotor di sirkuit oleh dua pebalap Astra Honda Racing Team, yaitu Rheza Danica juara ARRC 2018 dan Dimas Ekky Pratama yang tahun depan berlaga di Moto2.


Dua pebalap Astra Honda Racing Team, Reza Dhanica dan Dimas Ekky Pratama menjelaskan cara riding yang benar saat di lintasan sirkuit. Pertama saat memulai start, posisi pengendara harus agak menunduk dan masukan persneling ke gear satu.

Kedua, saat memacu motor di lintasan lurus, usahakan kepala pengendara menunduk, posisi bokong mundur ke belakang, dan kaki-tangan menjepit tangki.

"Ini untuk meminimalisasi hambatan ketika riders memacu kendaraan di kecepatan tinggi," ujar Dimas.

Ketiga, riding position saat belok, yang perlu dilakukan riders yakni mundurkan bokong ke belakang supaya ban belakang mendapat traksi optimal.

"Setelah itu, buka tangan dan tekan motor menggunakan paha kanan atau paha kiri tergantung ke arah mana akan belok. Jika belok ke kanan, maka gunakan paha kiri. Dan sebaliknya," kata Rheza.

Dimas juga menjelaskan pentingnya pemahaman bendera-bendera marshall. Bendera kuning, misalnya, artinya ada hambatan di mana rider tidak boleh menyalip rider lain.

"Bendera kuning, seperti accident atau crash itu tandanya kita nggak boleh overtake, bendera hijau biasanya rider yang sudah dipindahkan boleh overtake, bendera merah tandanya race harus dihentikan, seperti kecelakaan atau hujan yang menyebabkan lintasan tergenang air," kata Dimas.


"Jangan lupa pemanasan, buat saya wajib apalagi sebelum event balap, supaya posisinya enak, dan menghindari cidera, biasanya sekitar 30 menit, dari mulai jogging kecil, stretching badan," kata Rheza Danica.

Salah satu standar prosedur yang harus dipakai adalah safety gear seperti helm, wearpack, sarung tangan, dan sepatu standar balap.



Simak juga video 'Ngebut Bareng Ninja di Sirkuit Sentul':

[Gambas:Video 20detik]

(rgr/dry)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com