Hati-hati! Air Hujan Bisa Bikin Cat Motor Cepat Rusak

Luthfi Anshori - detikOto
Rabu, 05 Des 2018 09:07 WIB
Foto: Astra Motor
Jakarta - Memasuki musim hujan, kita wajib memberi perhatian lebih terhadap motor kesayangan nih Otolovers. Motor perlu mendapat perawatan khusus setelah menerjang air hujan dan genangan air.

Air hujan sendiri berbahaya untuk motor. Seperti dilansir dari situs www.hondacengkareng.com, air hujan mengandung zat asam nitrat (HNO3) yang dapat merusak lapisan pengkilap cat motor.


Terutama di kota - kota besar, polusi udara bikin kondisi air hujan jadi makin asam dan akan langsung berpengaruh ke warna cat motor. Tidak hanya itu, air hujan juga bisa bikin korosi pada bagian logam, seperti blok mesin dan sasis.

Sebagai solusinya, Otolovers bisa mencuci langsung motor kesayangan setelah berkendara di bawah terjangan air hujan atau setelah menerabas genangan air.


Jika malas mencuci motor secara tuntas menggunakan air sabun, kamu cukup membilas motor dengan air bersih untuk menetralisir air hujan yang menempel di bodi motor.

Selain bisa mencegah cat motor rusak karena siraman air hujan, mencuci motor secara langsung juga bisa mencegah karat yang berpotensi menyerang bagian logam motor. (lua/dry)