Selasa, 13 Nov 2018 13:00 WIB

Ingat! Air Radiator Motor Juga Perlu Dikuras

Ridwan Arifin - detikOto
Ilustrasi servis motor. Foto: Aris Ginanjar Ilustrasi servis motor. Foto: Aris Ginanjar
Jakarta - Tidak cuma mobil yang memiliki radiator berpendingin cairan, kini sepeda motor pun ikut dibekali komponen tersebut. Fungsi utama radiator sendiri sebagai pendingin mesin agar motor tidak mengalami overheat.

Pada jenis skutik sendiri, sering dijumpai bentuknya menempel atau build in liquid cooled. Tentunya selain perawatan berkala, Otolovers juga perlu menguras air radiator agar kerjanya tetap maksimal. Seperti yang dikatakan mekanik AHASS di bilangan Depok, Oky.



Lebih lanjut, kata Oky, untuk menghindari tersumbatnya radiator dianjurkan untuk menguras dan mengganti cairan pendingin secara berkala.

"Untuk perawatan, air coolant perlu diperhatikan cukup menambahkan di tangki cadangan, kontrolnya sebulan sekali ada tanda lower dan upper. Untuk perawatan air coolant jika air coolant sudah berada di batas garis lower segeralah menambah sampai di garis upper," ungkap Oky kepada detikOto.



"Jangan sampai melewati batas upper karena ada selang udara di atasnya karena kalau sampai melewati air coolant akan keluar dari selang udara tersebut (terbuang sia-sia)," sambung Oky.

Selain itu air radiator juga perlu dikuras nih Otolovers. Tujuannya, selain menjaga dari karat, yang dikhawatirkan adalah karena kemampuan coolant mengikat panas akan menurun dalam jangka waktu tertentu.

"Tergantung pemakaian motor kapan harus dikuras jika sampai 2 tahun atau paling cepat sebelum 24 ribu km disarankan agar menguras semua isi radiator, mengganti dengan yang baru," kata Oky. (riar/rgr)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed