Selasa, 30 Okt 2018 08:58 WIB

Seberapa Rutin Motor Harus Diservis ke Bengkel?

Dina Rayanti - detikOto
Ilustrasi servis motor. Foto: Luthfi Anshori Ilustrasi servis motor. Foto: Luthfi Anshori
Jakarta - Layaknya tubuh manusia, sepeda motor pun perlu dirawat. Sekalipun motor itu baru dibeli dan kondisinya masih mulus bukan berarti kita menyampingkan perawatannya.

Salah satu hal penting agar motor dalam kondisi prima adalah melakukan servis secara rutin. Seberapa rutin motor harus rajin diservis ke bengkel?

Mengutip Totally Motor, Selasa (30/10/2018), soal servis rutin disesuaikan dengan model motor. Misalnya motor sport dan motor touring memiliii rentang waktu kerutinan servis yang berbeda.



Servis motor secara rutin juga tergantung dari bagaimana penggunaannya. Kalau motor sering dikendarai dan jaraknya jauh tentu berpengaruh terhadap performa motor.

Sebaiknya jika merasa performa motor kurang oke, bisa langsung membawanya ke bengkel. Atau, kalau ingin lebih teratur bisa menggunakan acuan yang diberikan pabrikan pada buku servis rutin.



Biasanya apabila motor telah mencapai jarak tertentu maka disarankan untuk melakukan servis ke bengkel.

Sebenarnya melakukan perawatan rutin motor tidak harus membawanya ke bengkel. Bisa juga dengan melakukan perawatan sendiri. Contohnya mengecek tekanan ban secara rutin, mengganti oli mesin rutin, hingga mengecek filter bensin sendiri.

Dengan rajin melakukan perawatan pada motor dijamin motor umurnya bisa panjang.




Tonton juga 'Hati-hati Memilih Bengkel Untuk Mobil Eropa':

[Gambas:Video 20detik]

(dry/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed