Jumat, 19 Okt 2018 16:06 WIB

Tips Pilih Intercom Motor untuk Pemula

Luthfi Anshori - detikOto
Intercom, Alat Komunikasi Antar-pemotor. Penting untuk touring bersama rider lain. Foto: Luthfi Anshori Intercom, Alat Komunikasi Antar-pemotor. Penting untuk touring bersama rider lain. Foto: Luthfi Anshori
Jakarta - Communication system jadi perangkat yang cocok memenuhi kebutuhan bikers yang hobi riding jauh (touring). Dipasang di bagian luar dan dalam helm, alat ini bisa menjalankan banyak fungsi. Mulai fungsi komunikasi, hingga fungsi multimedia seperti mendengarkan musik atau navigasi.

Khusus untuk pemula yang baru ingin membeli perangkat ini, bagaimanakah tips memilih communication system yang baik?

Dijelaskan Agus Hermawan, owner Juragan Helm, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, dalam memilih alat communication system, harus disesuaikan dengan kebutuhan bikers itu sendiri.



"Biasanya tergantung dari kebutuhan. Tapi paling banyak adalah kebutuhan untuk mendengarkan musik dan menjawab telepon," ujar Agus, kepada detikOto, Jumat (19/10/2018).

Untuk communication system dengan fitur sederhana tersebut, harganya mulai dari Rp 995 ribu untuk merek Sena.

"Ini bisa juga untuk intercom (komunikasi dengan bikers lain), tapi hanya 2 orang (untuk boncenger dan pengendara)," terang Agus.



Sementara untuk kebutuhan touring jarak jauh dengan rombongan motor yang banyak, biasanya lebih mengutamakan fungsi intercom untuk berkomunikasi dengan bikers lain yang terhubung.

Contoh seperti model Sena 30K yang bisa terkoneksi sampai 16 pengendara. Tapi harganya juga cukup tinggi, yakni Rp 5,5 juta. (rgr/dry)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed