Jumat, 19 Okt 2018 07:59 WIB

Pasang Ban Tubeless di Pelek Jari-jari, Apakah Bisa?

Luthfi Anshori - detikOto
Motor klasik dengan pelek jari-jari. Foto: Khairul Imam Ghozali Motor klasik dengan pelek jari-jari. Foto: Khairul Imam Ghozali
Jakarta - Ban tubeless merupakan ban yang dirancang tanpa ban dalam. Ban ini memiliki keunggulan tidak mudah kempis ketika tertusuk benda tajam selama benda tajam tersebut tidak dicabut. Umumnya ban tubeless dipadukan dengan pelek Castwheel (CW) atau pelek racing yang padat dan tidak memiliki celah atau rongga yang membuat angin bisa merembes keluar.

Tapi belakangan ini mulai banyak yang mengaplikasi ban tubeless di ban model pelek jari-jari (Spokewheel). Biasanya ban tubeless di pelek jari-jari digunakan pada jenis motor klasik atau kustom dan motor bergenre adventure. Di motor klasik, penggunaan pelek jari-jari bertujuan menambah kesan klasik, sementara di motor adventure pelek jari-jari digunakan karena bobotnya yang lebih ringan dibanding pelek palang.



Jika yang mengombinasikan pelek jari-jari dengan ban tubeless pabrikan tentu hasilnya sudah lebih presisi. Tapi bagaimana jika kita yang ingin memodifikasi ban tubeless dikawinkan dengan pelek jari-jari, Apakah bisa?

"Bisa saja, caranya pakai sealant yang biasanya dipakai di akuarium. Sealant diratakan di bagian dalam pelek supaya rongga-rongganya bisa tertutup," ujar Yustinus Erwan Santoso dari Insan Motor Bekasi, kepada detikOto (17/10/2018).



Supaya hasilnya lebih maksimal, Yustinus juga menyarankan agar menambah lapisan karet ban dalam di bagian yang sudah diberi sealant tadi. "Jadi ban dalam ukuran 14 inci digunting dan diambil bagian tengahnya saja, terus tempel di bagian sealant tadi. Pasti dia akan menempel kuat," terang pria yang akrab disapa Yoes ini.

Setelah proses tersebut selesai, bisa pasang kembali ban tubeless-nya. "Cara ini aman. Bisa dipastikan angin nggak mudah keluar dari rongga-rongga pelek jari-jari," pungkas Yoes. (rgr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed