Senin, 15 Okt 2018 11:50 WIB

Naik Motor Sehat ala Dokter

Rizki Pratama - detikOto
Meddocs and Friends (Foto: Rizki Pratama) Meddocs and Friends (Foto: Rizki Pratama)
Jakarta - Selain sekedar menjadi kebutuhan transportasi, sepeda motor bagi sebagian orang dijadikan sebagai hobi. Salah satu kegiatan yang tidak asing bagi penggemar sepeda motor adalah touring atau konvoi entah itu dalam kota, antar kota, sampai antar negara.

Demi tercapainya tujuan serta menjaga keselamatan dalam berkendara supaya tidak terjadi hal yang tidak diinginkan kesehatan rider menjadi pondasi utama. dr Agung Wicaksono yang tergabung dalam klub dokter pencinta moge, MedDocs and Friends, punya kiat sehat dalam melakukan riding untuk Otolovers.



"Sehat itu ada paling tidak 5 cukup, yang pertama cukup makan pagi, siang, dan malam. Tidak ada menu khusus makanan yang harus dikonsumsi oleh seorang rider selama memang tidak dalam keadaan sakit. Kalaupun sakit ya jangan riding," ujar dr Agung.

Ya dalam berkendara makan menjadi hal yang wajib Otolovers, mau jaraka dekat atau jauh, usahakan mengisi perut agar bertenaga. Selanjutnya selain makan riders harus minum yang cukup.

"Untuk memastikan sudah minum cukup periksa air kencing apakah sudah berwarna bening, kalau kuning tambahlah asupan air putih," tambah dr Agung.

Tidak ada jumlah yang saklek untuk berapa liter air yang dibutuhkan saat berkendara, namun memeriksa warna cairan yang dibuang melalui alat pencernaan bisa mengindikasikan kebutuhan air anda.



Setelah itu yang tak kalah penting adalah istirahat yang cukup, untuk riding jarak jauh usahakan 1x24 jam sebelum keberangkatan tidak melakukan aktivitas yang terlalu berat. "Paling penting adalah istirahat pada malam hari, kalau perlu jika akan melakukan riding jarak yang cukup jauh silakan melakukan pijat," tambah dr Agung.

Setelah kondisi tubuh tadi sudah tercukupi tentu kondisi motor juga menjadi perhatian riders yang mau touring. "Motor tak kalah penting, servis berkala wajib, ganti dan perbaiki segala komponen motor yang perlu diganti," kata dr Agung.

Sedangkan yang terakhir cukup tahu dengan motor anda dan menguasainya saat berkendara. "Cara mengenal motor, terutama motor besar rajin sunmori bisa menjadi momen yang tepat menjelang kegiatan touring. Saat Sunmori rider bisa tahu kapan rem, menepi, memberi jalan, atau menyalip," pungkas dr Agung.

Gimana Otolovers? Udah memenuhi cara sehat ala dokter yang suka main motor juga? Semoga perjalanan Otolovers dengan motor kesayangan bisa menyenangkan dengan tips dari dr Agung Wicaksono. Happy Riding!




Tonton juga 'Do's & Don'ts Naik Motor untuk Hijabers':

[Gambas:Video 20detik]

(ddn/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed