Sabtu, 13 Okt 2018 10:56 WIB

Cuci Helm Motor di Jasa Pencucian, Ini Ongkosnya

Luthfi Anshori - detikOto
Cuci helm (Foto: Luthfi Anshori) Cuci helm (Foto: Luthfi Anshori)
Jakarta - Sebagai perangkat keamanan yang sering dipakai bikers, helm mudah sekali bau dan kotor. Maka itu, helm juga wajib dapat perawatan khusus agar selalu nyaman digunakan.

Jika helm Otolovers sudah bau dan mulai kotor bagian busa dalamnya, jangan ragu - ragu membersihkannya ya. Bisa dengan membersihkannya sendiri, atau menyerahkan ke jasa pencucian helm. Memang belum banyak yang menawarkan jasa cuci helm motor, tapi salah satunya bisa ditemui di Cuci Helm Banjour, Palmerah, Jakarta Barat.

Tempat cuci helm yang merangkap tempat cuci motor ini menawarkan jasa pencucian helm dengan biaya relatif terjangkau. "Ongkos cuci helm semua tipe dan jenis dipatok Rp 15 ribu saja," kata Yitno, saat ditemui detikOto (12/10/2018).



Untuk proses pencuciannya sendiri cukup detail, karena sampai membongkar padding atau busa bagian dalam. "Busa harus dicopot dulu, supaya kotoran di dalam helm bisa dibersihkan tuntas," terang Yitno.

Setelah padding dibongkar, kemudian dibersihkan dengan air yang mengalir. Lalu disikat dengan halus menggunakan sabun cuci. Jika sudah, padding dan batok helm dibersihkan kembali menggunakan air keran yang mengalir.

Lanjut, untuk mengeringkannya ternyata tidak menggunakan sinar matahari. Tapi dengan cara menggunakan vacuum cleaner untuk menghilangkan sisa air yang mengendap di padding.



Setelah itu, padding di pasang kembali ke batok helm. Dan selanjutnya, helm dimasukkan ke dalam sebuah oven besar untuk mengeringkannya. Sebelum dimasukkan ke oven, terlebih dahulu helm disemprot pewangi.

"Untuk mencucinya sebentar saja. Yang bikin lama waktu pengeringannya. Bisa antara 1-2 jam lamanya," pungkas Yitno.

(Luthfi Anshori/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed