Jumat, 28 Sep 2018 14:13 WIB

Nggak Susah Kok Merawat RX King Lawas

Ridwan Arifin - detikOto
Yamaha RX King. Foto: Ridwan Arifin
Jakarta - RX King disebut sebagai salah satu motor legendaris di Indonesia, sedari tahun 1983 hingga saat ini penampakan motor besutan Yamaha ini masih saja dapat ditemui di setiap sudut jalanan.

Dari segi performa, RX King dibekali kapasitas mesin 135 cc dengan sistem 2 tak. Menjadi primadona sebagai motor sport terlaris di era 90-an, bahkan hingga saat ini.

Percaya nggak nih Otolovers, untuk merawat motor legendaris ini tetap gress ternyata nggak perlu perlakuan istimewa. Hal itu diungkapkan oleh Hendar, salah satu pemilik Yamaha RX King Kobra besutan 1994 yang masih menjaga orisinalitasnya, motornya merupakan turunan dari bapaknya yang seorang pensiunan tentara.


"Kalau RX King saya sendiri paling sering ngecek oli sampingnya, dulu diajarin bapak begitu," kata Hendar kepada detikOto.

Oli samping 2 tak memang bekerja lebih keras dari oli mesin. Pasalnya oli samping sendiri bertugas untuk melumasi transmisi dan kopling.

Ia menambahkan untuk selalu melihat oli samping dalam tabung, jika jarum penunjuk oli samping ada di batas setengah, sebaiknya segera tambahkan sampai penuh.

"Kalau oli mesin paling minimal 2 bulan, soalnya kan ini motor bukan motor capek, konsultasi dulu sama bapak sebelum ganti," ungkap Hendar.


Hendar mengatakan kalau motor RX King jarang dipakai sebaiknya perlu untuk dipanaskan terlebih dahulu.

"Ini penting nih, minimal dihidupin 10 sampai 15 menit-lah," katanya.

Memang pada umumnya bila motor jarang dipakai bukan berarti terhindar dari masalah. Pasalnya jika motor tidak dihidupkan secara lama oli akan mengendap di dasar mesin.

Selain itu, sepeda motor dalam keadaan diam terlalu lama juga bisa penyebab terjadinya karat di dalam tangki karena kondisi bahan bakar yang masih tersisa di dalamnya. (dry/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com