Selasa, 11 Sep 2018 16:33 WIB

Tips Memilih Jaket yang Nyaman untuk Naik Motor Sehari-hari

Luthfi Anshori - detikOto
Jaket untuk naik motor sehari-hari. Foto: Luthfi Anshori
Jakarta - Jaket adalah salah satu perangkat safety yang wajib digunakan oleh bikers. Fungsinya bukan hanya untuk melindungi badan ketika terjadi insiden kecelakaan, tapi juga untuk melindungi tubuh dari sengatan matahari dan angin.

Lalu seperti apa kriteria jaket yang cocok untuk riding sehari-hari? Tentunya bukan ditentukan oleh seberapa tebal atau seberapa mahal jaket tersebut, tapi ada syarat-syarat tertentu yang wajib dimiliki supaya jaket tersebut nyaman digunakan.


Kira-kira kriteria jaket seperti apa yang harus kita tentukan saat memilih jaket untuk aktivitas riding sehari-hari?. Menurut Vincent Nugroho, dari Contin, dalam memilih jaket untuk riding harian, harus perhatikan jenis bahan luar jaket.

"Harus ringan dan jangan terlalu tebal," kata Vincent kepada detikOto.

Selain bahannya ringan, lapisan dalamnya juga harus nyaman. "Lapisan dalam jaket harian yang nyaman umumnya pakai polyester mesh. Lapisan ini punya bentuk mirip jaring, dan cocok untuk menyerap keringat," lanjut Vincent.

Jaket untuk riding harian juga harus punya fitur wind proof dan water repealent, "Tujuannya untuk melindungi tubuh dari terpaan angin dan hujan ringan," kata Tedy Suryadi, Technical Supplier Respiro.

Nah, yang tak kalah penting, perhatikan juga aspek visibilitasnya Otolovers. Apalagi bagi kamu yang suka beraktivitas hingga malam hari. Maka jaket disarankan berwarna terang seperti merah atau oranye, supaya bisa terlihat pengendara dari lawan arah.


"Tapi jika lebih suka dengan jaket berwarna gelap, usahakan bagian punggung dan dada jaket sudah dilengkapi reflektor," pungkas Tedy.

Bagi Otolovers yang sering berkendara motor sehari-hari dengan jarak tempuh puluhan hingga ratusan kilometer, jaket harian yang dilengkapi protector bisa jadi opsi menarik. Bagian protector ini biasanya disematkan pada bagian bahu dan siku. (dry/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com