Jumat, 18 Mei 2018 16:15 WIB

Puasa Lancar Meski Beraktivitas dengan Naik Motor, Ini Tipsnya

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Puasa Lancar meski Beraktivitas dengan Naik Motor, Ini Tipsnya Foto: Rengga Sancaya
Jakarta - Ibadah puasa di bulan Ramadan menjadi sebuah kewajiban bagi seorang muslim. Tak sedikit pula orang yang berpuasa dan tetap beraktivitas di luar dengan mengendarai sepeda motor.



Agar puasanya tidak gampang lemas, instruktur safety riding di Rifat Drive Labs, Andry Berlianto berbagi beberapa tips berkendara. Utamanya adalah, jaga tubuh tetap sehat dengan minum banyak air saat berbuka dan sahur.

"Serta istirahat yang cukup," kata Andry kepada detikOto.

Menurut Andry, asupan protein dan vitamin sangat penting untuk menjaga kebugaran. Apalagi untuk Anda yang beraktivitas dengan berkendara.



Dia juga mengatakan, saat puasa tetap berkendara sewajarnya dengan lebih sabar. Pengendara harus bisa menahan emosi berlebih.

"Tidak ugal-ugalan, jika memungkinkan atur waktu perjalanan lebih awal agar tidak mudah terjebak kemacetan," katanya.

Pengendara juga harus memahami keterbatasan fisik. Dalam arti, Otolovers tidak memaksakan berkendara saat kantuk atau kelelahan karena dapat meningkatkan risiko kecelakaan.

"(Untuk yang beraktivitas lama dengan sepeda motor) istirahat setiap sejam-dua jam sekali dengan mencari tempat teduh atau di masjid sekalian ibadah," ucap Andry. (rgr/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com