Jumat, 30 Mar 2018 08:28 WIB

'Tyre Killer' Bisa Hentikan Pengendara Lawan Arus di Jakarta?

Dadan Kuswaraharja - detikOto
Ranjau pengempis ban untuk pengendara yang lawan arus di Pune, India (Foto: Rushlane) Ranjau pengempis ban untuk pengendara yang lawan arus di Pune, India (Foto: Rushlane)
Jakarta - Kota Pune India mulai memasang alat pengempis ban untuk melawan pengendara yang lawan arus lalu lintas. Di jalanan disediakan ranjau tajam yang terbuat dari logam ditanam di jalan. Ranjau ini dibuat seperti sebuah polisi tidur.

Jika pengendara yang melintas jalan dengan arah yang benar, kendaraan akan melaju seperti melewati polisi tidur. Sementara dari arah sebaliknya (melawan arus) seperti ada logam tajam. Jadi, pengendara dari arah lawan tidak bisa melewati ranjau tersebut.



Bagaimana menurut Otolovers kalau ranjau seperti ini dipasang di kota yang pengendaranya suka lawan arus seperti di Jakarta? Ada yang menilai bisa, tapi ada juga yang skeptis.

"Cocok nih buat orang orang yang bisa beli kendaraan tapi nggak bisa beli otak wajar makanya etika berkendaraannya pada kurang ajar, melawan arus dah dianggap wajar," ujar seorang Otolovers.

"Di Indonesia nanti (ranjau logamnya) diambil buat dikiloin," timpal Otolovers yang lain.



"Jakarta...pagi pasang siang dikiloin," tutur yang lain.

"Gampang tinggal diakalin pakai papan," sahut Otolovers lagi.

[Gambas:Youtube]



"Biasanya yang lawan arus pemotor, kalau udah tau posisinya dimana, mudah saja digocek sama mereka, entah lewat jalur tanahnya, atau lewat trotoar, bahkan kalau perlu dirusak sebagian hingga bisa buat motor lewat," tutur Adhi Nugraha.

Waduh, kira-kira cara apa lagi yang bisa dipakai buat menghentikan kebiasaan lawan arus ya? (ddn/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed