Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Minggu 18 Maret 2018, 15:08 WIB

Dari Matik Kecil Beralih ke Motor Bongsor, Ini Tipsnya

Khairul Imam Ghozali - detikOto
Dari Matik Kecil Beralih ke Motor Bongsor, Ini Tipsnya Pemotor menggunakan skutik bongsor Honda PCX. Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta - Motor skuter matik (skutik) berbadan bongsor cukup menyorot perhatian para konsumen di Indonesia. Tapi nanti dulu Otolovers, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan jika mau beralih dari skutik kecil ke skutik bongsor.

Dikatakan Senior Instructor Safety Defensive Consultant Indonesia, Sony Susmana, yang pertama harus diperhatikan adalah penyesuaian berkendaranya. Pemotor harus secara perlahan mengenali karakter motor barunya itu.



"Keseimbangan tiap-tiap motor yang berbeda akan berpengaruh dengan gaya riding. Sesuaikan dengan karakter motornya," ujarnya saat dihubungi detikOto.

"Misalnya cara duduk, cara belok, cara berhenti, bahkan cara ngegas dan lainnya. Biasakan dahulu secara perlahan untuk rider bisa cocok dengan motor barunya," tambah Sony.

Lalu yang harus diperhatikan selanjutnya, pemotor harus sudah tahu cara menggunakan motor barunya itu. Karena skutik kecil pasti berbeda dengan skutik bongsor.

"Cara operasionalnya harus sesuai dengan motor baru, karena berkaitan dengan perangkat gas, rem, kopling atau perangkat lain dari sistem mekanis pada motor tersebut," tutur Sony.



"Fitur-fitur yang ada di motor tersebut yang mungkin berbeda dengan motor sebelumnya," lanjutnya.

Yang terakhir berkaitan dengan perawatan. Konsumen jangan lupa untuk mencari kendala yang rentan pada motor skutik bongsor barunya itu.

"Cari kekurangan dari motor baru tersebut untuk mempermudah rider melakukan perawatan berkala," pungkasnya. (khi/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed