Minggu, 18 Feb 2018 09:29 WIB

Dear Pemotor, Jangan Neduh di Tempat-tempat Ini Saat Hujan!

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Foto: Rengga Sancaya Foto: Rengga Sancaya
Jakarta - Hujan sudah membasahi berbagai wilayah di Indonesia. Untuk pengendara motor agar tetap berhati-hati saat berkendara di tengah hujan.

Instruktur Safety Riding Astra Honda Motor Hendrik Ferianto menyarankan kepada pengendara motor agar berhenti jika hujan terlalu deras. Dengan berhenti dan berteduh, maka pemotor bisa meminimalisir risiko.

"Kalau hujan kita tetap saranin untuk berhenti," kata Hendrik kepada detikOto belum lama ini.

Nah untuk berhenti dan berteduh, pemotor diharapkan tidak berteduh di sembarang tempat. Misalnya di kolong jembatan, terowongan, atau tempat teduh lainnya yang merupakan jalan raya.

"Jangan di bawah jembatan, karena di bawah jembatan itu bukan tempat untuk berhenti. Itu kan jalan raya, akhirnya menimbulkan kemacetan. Karena menimbulkan kemacetan, orang-orang bisa emosi, bisa terjadi senggolan di situ," kata Hendrik.

Begitu juga jangan berteduh di bawah pohon atau di bawah objek lainnya yang berpotensi roboh. Itu malah bisa membahayakan nantinya.

"Kalau ada angin, patah, malah kerubuhan. Jadi cari tempat-tempat yang cocok untuk berteduh. Berhenti kita cari tempat-tempat yang memang terlindungi," katanya.

Kalau mau meneruskan perjalanan saat hujan, Hendrik menyarankan agar tetap berhenti di 10 menit awal hujan turun. Karena di 10 menit pertama itu jalan sedang licin-licinnya.

"Karena 10 menit pertama itu kotoran di jalan itu lagi dibawa ke pinggir oleh air, jadi lagi licin-licinnya. Sebaiknya berhenti dulu supaya kotoran-kotoran atau pasir itu sudah tergerus ke pinggir, sehingga nggak terlalu licin," sebutya. (rgr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed