Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Senin 05 Februari 2018, 09:25 WIB

Motor Habis Mandi Hujan, Segera Bilas, Bro!

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Motor Habis Mandi Hujan, Segera Bilas, Bro! Tempat cuci motor steam (Foto: Erliana Ryadi)
Jakarta - Akhir-akhir ini hujan sering mengguyur beberapa kota di Indonesia, seperti di Jakarta. Jalanan yang becek kerap kali membuat motor cepat kotor.

Tak sedikit juga pemilik motor yang malas mencuci motornya di musim penghujan seperti ini. Alasannya beragam. "Toh, besok juga kotor lagi kena hujan," begitu alasan yang sering dilontarkan.

Tapi, sebaiknya motor yang habis mandi hujan segera cuci atau dibilas. Ada beberapa masalah yang timbul akibat motor tak langsung dibilas setelah hujan-hujanan. Akun Instagram Suzuki Motor Indonesia membeberkan efek terhadap motor yang tidak segera dibilas setelah diguyur hujan.

Yang pertama masalah rem. Kotoran akan mengendap di kampas rem dan membuat rem berdecit. "Selain itu, endapan kotoran berpotensi menggores piringan sehingga membuat rem cepat aus," tulis akun itu.

Kedua adalah masalah radiator untuk motor dengan mesin berpendingin cairan. Kotoran bisa menempel di dinding radiator sehingga berisiko mengurangi pernapasan mesin dan membuat pendinginan mesin tidak maksimal. Malah bisa overheat.

Ketiga adalah terkait suspensi. Kotoran membuat poros cepat kehilangan pelumas dan rawan menimbulkan bunyi.

Selanjutnya adalah rantai motor. Kotoran akan mudah menempel pada rantai. Untuk itu, disarankan bersihkan rantai dengan cairan pembersih rantai.

Selain itu, komponen yang terbuat dari logam bisa-bisa timbul bercak atau bahkan karat yang sulit dihilangkan jika kotoran dibiarkan menempel lama, terkena sinar matahari dan udara.

(rgr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed