Minggu, 28 Jan 2018 13:34 WIB

Lensa Anti-embun Ini Penting Juga Lho Buat Helm!

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Foto: Dok. Fhabian Motoshop Foto: Dok. Fhabian Motoshop
Bogor - Menggunakan helm fullface di udara dingin atau saat hujan biasanya menimbulkan embun di kaca bagian dalam. Namun, sudah ada obat penangkal embun untuk riding menggunakan helm fullface saat hujan.

Ada lensa anti-embun bernama Pinlock. Lensa itu biasanya dipasang di kaca helm bagian dalam. Fungsinya untuk menangkal embun di bagian dalam helm saat riding di kondisi dingin atau hujan.

Helm berembun tentu sangat mengganggu pandangan. Apalagi embunnya di bagian dalam yang sulit dibersihkan pakai tangan. Biasanya trik menghilangkan embun di kaca bagian dalam helm adalah dengan membuka sedikit kaca helm sehingga udara luar masuk ke dalam helm. Tapi, membuka kaca helm itu akan mengganggu kalau hujan deras. Untuk itu, diperlukan juga lensa anti-embun semacam Pinlock.

"Terasa banget deh pakai helm full face terus hujan. Terasa banget ada embun kalau tanpa Pinlock. Bisa sih, pas hujannya agak kecilan, buka sedikit visornya, biarin angin masuk entar hilang embunnya yang di visor bagian dalam," kata Budi, dari Fhabian Motoshop yang bermarkas di Cibinong, Kab. Bogor, Jawa Barat, kepada detikOto.

Foto: Dok. Fhabian Motoshop

"Contoh lain jalan ke Puncak pagi-pagi, subuh lah, kerasa banget kan kaca helm bagian dalam ngembun. Kalau pakai Pinlock enak, bersih aja tanpa embun," sambungnya.

Pinlock, kata Budi, sebenarnya lebih penting ketimbang tear off. Manfaatnya sangat jelas untuk visibilitas berkendara saat hujan atau udara dingin.

"Sebenarnya kalau keluarin uang buat tear off atau yang lain, Pinlock lebih penting, lebih kerasa manfaatnya. Memang agak mahal. Pinlock AGV itu udah Rp 450-500 ribu, yang KBC aja udah Rp 350 ribu," ucap Budi.

Tapi, tak semua helm mendukung dipasangi Pinlock. Hanya beberapa helm dengan visor Pinlock Ready yang bisa dipasang lensa antiembun itu. Meski begitu, tak sedikit juga pengguna helm fullface yang memodifikasi visornya sehingga bisa dipasangi Pinlock. Mereka biasanya melubangi visor pakai bor dan menambahkan push pin untuk pemasangan Pinlock. (rgr/dry)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed