Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Selasa 23 Januari 2018, 13:44 WIB

Mau Konvoi Pakai Moge? Catat Tips Ini Baik-baik

Muhammad Idris - detikOto
Mau Konvoi Pakai Moge? Catat Tips Ini Baik-baik Mau Konvoi Pakai Moge? Catat Tips Ini Baik-baik Foto: Screenshot Video Facebook
Jakarta - Mengendarai motor gede (moge) tentu berbeda dengan jenis kendaraan roda dua lainnya. Mesin 250 cc ke atas dengan bobotnya yang berat, tentu butuh tenaga ekstra saat berada di jalan raya.

Sekretaris Jenderal Motor Besar Club (MBC) Indonesia, Irianto Ibrahim, mengatakan saat akan melakukan konvoi sebaiknya pengendara moge melakukan berbagai persiapan. Saat berada di jalan pun, ada hal-hal penting yang perlu diperhatikan.

"Mengendarai moge itu perasaan harus tenang, tidak boleh emosional. Karena naik motor besar itu kuping, mata, feeling, semua harus dipakai. Bayangkan saja bobot ada 1.600-2.000 cc. Mau belok saja harus hati-hati," terang Irianto kepada detikOto.

Bahkan, perkara makanan pun perlu diperhatikan sebelum menunggangi moge. Tujuannya, agar fokus bisa terjaga dengan asupan gizi yang tercukupi.

"Yah kalau mau naik moge, ya sebaiknya jangan makan nasi banyak-banyak deh, bikin ngantuk," ujar Irianto.

Dia menggarisbawahi, saat konvoi, pengendara juga perlu menjaga jarak antar moge di depan dan belakangnya. Sehingga apabila terjadi sesuatu di depannya, seperti pengereman mendadak, benturan bisa dihindarkan.

"Standarnya enggak terlalu mepet dari depan dan belakang jaraknya dijaga 5 sampai 10 meter, kalau dengan kecepatan 60 km per jam," sambungnya.

Menurutnya, pihaknya sendiri selalu berkomitmen menghargai sesama pengguna jalan, apalagi di Jakarta yang lalu lintasnya hampir selalu padat.

"Di MBC sendiri kita komitmen hargai sesama pengguna jalan. Ayo kita hargai, karena kita sama-sama masyarakat biasa. Saya harapkan pengguna moge di Jakarta bisa sabar, menghadapi crowded (kepadatan) Jakarta. Harus sabar hargai orang lain dan bisa berdisiplin," pungkas Irianto. (idr/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed